Yuk, kenali jenis-jenis kurma! Serupa tapi tak sama

Bulan Ramadan akan tiba, salah satu makanan yang kerap hadir saat Ramadan adalah kurma. Buah kurma seakan menjadi salah satu makanan yang “wajib” tersedia saat bulan Ramadan. Hal ini sejalan dengan salah satu sunah Rasul yakni berbuka puasa dengan tiga butir kurma.

Namun, tahukan kamu bahwa banyak jenis kurma yang dijual di pasaran. Yuk kenali beragam jenis dan perbedaannya!

1. Kurma Muda Kuning
Kurma muda kuning merupakan buah kurma segar yang hampir matang. Kurma muda kuning mulai banyak dicari karena dipercaya khasiatnya yang terkenal dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita. Dari segi nutrisi, tidak ada perbedaan besar antara manfaat kurma muda kuning dan kurma kering.

2. Kurma Tunisia
Untuk kamu yang menyukai kurma dengan tekstur kering dan tidak basah, kurma Tunisia pilihannya. Kurma Tunisia memiliki bentuk yang lebih ramping dengan warna coklat muda. Rasanya yang tidak begitu manis sehingga mirip dengan kurma yang masih muda dan belum benar-benar matang. Cocok untuk kamu yang kurang suka terhadap rasa manis.

3. Kurma Khalas
Kurma Khalas bersal dari Arab Saudi. Kurma ini memiliki warna coklat keemasan, rasa manis yang kuat, dan tekstur yang lembut. Selain itu, kurma ini dikenal dengan kandungan mineralnya yang tinggi seperti magnesium, kalsium dan fosfor sehingga bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

4. Kurma Mazafati / Kurma Anggur
Kurma mazafati sering dijuluki bam anggur, memiliki rasa yang manis dan daging yang sangat lembut ketika dimakan. Kurma jenis ini berasal dari Iran.

5. Kurma Medjool
Kurma Medjool adalah salah satu jenis kurma yang paling populer. Kurma ini sering disebut juga "raja/ratu kurma" karena ukurannya yang besar. Rasanya sungguh khas dengan manis yang tidak begitu legit dan daging yang lembut sehingga cocok untuk dijadikan sumber energi pada saat berbuka puasa.

Manfaat Konsumsi Kurma

  • Buat merasa kenyang, karena kurma kaya akan serat makanan yang larut
  • Mendukung imunitas, karena kurma mengandung senyawa yang mendukung sistem kekebalan tubuh
  • Peredea sembelit, karena kurma kaya akan serat
  • Baik untuk hati, karena kurma merupakan sumber kalium yang sangat baik
  • Saraf dan energi, karena kandungan vitamin B pada kurma memiliki peran penting dalam fungsi sistem saraf yang sehat

Yuk, temukan kurma favoritmu di Yogya Online! Semoga bermanfaat!

We can't find products matching the selection.
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi