TIps Pintar: Wajan Gosong, gak Masalah! Pakai Cara Ini Biar Bersih

Panci gosong dan wajan gosong adalah masalah yang paling umum dihadapi oleh ibu-ibu rumah tangga yang hobi memasak di dapur. Kerak gosong pada alat masak ini berasal dari sisa-sia makanan yang terbakar dan menempel. sehingga membuat panci dan wajan terkesan kotor bahkan tidak bisa digunakan lagi. Nah, bagaimana cara membersihkan panci gosong tersebut? Ada beberapa cara mudah menghilangkan kerak gosong pada wajan, panci, dan alat masak lainnya di dapur. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini :

1. Bersihkan Panci Gosong Dengan Air Panas

Cara ini cocok untuk jenis panci stainless steel atau panci enamel. Pertama panaskan panci atau wajan yang gosong di atas kompor selama beberapa menit. ketika panci sudah cukup panas, siram perlahan bagian yang berkerak dengan air panas. kemudian saat itu juga anda bisa mengoleskan sedikit sabut cuci piring kepermukaan panci yang gosong. Gunakan sendok kayu untuk mengikis kerak-kerak yang gosongnya.

2. Bersihkan Panci Gosong Dengan Garam

Kita harus berhati-hati melakukan cara membersihkan panci gosong khususnya untuk alat masak yang berbahan teflon. Sering kali ketika melihat kerak gosong pada wajan, kita ingin langsung mebersihkan kerak tersebut dengan pisau atau sendok. Padahal cara yang demikian hanya akan merusak panci dan akhirnya panci tersebut tidak dapat digunakan lagi. Cara membersihkan panci yang benar bisa menggunakan garam. Caranya rendam terlebih dahulu panci dalam air panas selama beberapa saat. Nah, jika kerak gosong panci ada di bagian dalam, gunakan garam dan air dingin untuk merendam. Diamkan semalaman, dan bilas dengan air panas keesokan harinya.

3. Bersihkan Panci Gosong Dengan Cuka

Cuka yang selama ini kita kenal ternyata memiliki kandungan asam asetat yang berfungsi ampuh menghilangkan kerak gosong pada panci, wajan dan alat masak lainnya. Caranya pun sangatlah mudah. Setelah panci dipanaskan, cukup tuangkan cuka pada bagian yang berkerak dan tunggu selama beberapa menit saja agar asam asetat bisa mulai bekerja. Setelah beberapa menit, cucilah panci atau wajan gosong tersebut menggunakan spons busa atau alat pencuci piring dari tembaga,atau bisa mengikis kerak gosong dengan spatula kayu dengan perlahan.

4. Bersihkan Panci Gosong Dengan Saus Tomat

Saus tomat ternyata memiliki banyak kegunaan selain melezatkan makanan. Sifat asam dari tomat ini ternyata efektif untuk membersihkan macam-macam benda yang terbuat dari logam, termasuk alat masak lengket karena kerak hangus. Caranya cukup mudah dengan oleskan saus tomat pada panci atau wajan gosong dengan sedikit air ke atasnya, kemudian panaskan di atas kompor hingga mendidih. Tunggu sampai kerak terlepas, tetapi jangan sampai saus tomat ikut menguap, jika sudah mulai menguap, tambahkan air sedikit lagi. Setelah kerak terlepas, cuci alat masak seperti biasa.

5. Bersihkan Panci Gosong Dengan Coca Cola

Cara yang satu ini terbilang unik karena menggunakan minuman bersoda Coca Cola. Cara membersihkannya pun sangat mudah, yaitu dengan menuangkan sekaleng / sebotol Coca Cola pada panci atau wajan yang gosong lalu dipanaskan di atas kompor. Setelah mendidih, goyangkan panci pelan-pelan agar Coca Cola membilas seluruh bagian panci yang gosong. Noda dan kerak akan terhapus dengan sendirinya, sehingga peralatan masak anda akan terlihat mengkilap lagi seperti baru.

6. Bersihkan Panci Gosong Dengan Jeruk Nipis

Kita sering mendengar dengan sabun cuci piring dengan ekstrak jeruk nipis, maka cara menghapus bekas gosong di panci yang satu ini tidak lagi aneh. Kita bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk menghilangkan noda gosong pada alat masak. Cara membersihkannya dengan memanaskan air hingga mendidih dan merendam panci atau wajan gosong di dalamnya. Kemudian beri cairan pencuci piring dan perasan jeruk nipis dalam air rendaman dan biarkan selama beberapa jam atau semalam sebelum menggosoknya hingga bersih.

7. Bersihkan Panci Gosong Dengan Minyak Sayur

Minyak sayur yang biasa digunakan untuk menggoreng, bisa digunakan juga untuk menghapus kerak gosong pada alat masak. Caranya dengan oleskan minyak sayur secara merata ke bagian panci atau wajan gosong kemudian diamkan beberapa jam. Setelah didiamkan selama beberapa jam atau hingga kerak gosong menjadi lunak. Barulah cuci wajan atau panci gosong dengan cairan pencuci piring biasa dan spons busa.

Itu dia 7 cara menghilangkan kerak gosong pada panci atau wajan gosong, atau peralatan masak lainnya dirumah. Jika alat masak selalu bersih mengkilap bebas kerak, pasti memasak di dapur akan jadi lebih menyenangkan.

 

Dapatkan bahan-bahannya dibawah ini ya! Selamat mencoba!

Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Coca Cola
    Coca Cola Pet 390 Ml_1c12p
    8%
    Regular Price Rp 5.600 Special Price Rp 5.200
    Quickview
  2. Scotchbrite
    Scotchbrite Sabut Cuci Piring Hju Id30p5_1c24p
    16%
    Regular Price Rp 31.900 Special Price Rp 26.900
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi