Tips Pintar: Virus Airborne? Cegah dengan cara ini!

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa Covid-19 bisa menyebar lewat udara atau airbone. Penelitian menunjukan orang yang terinfeksi virus bisa menyebarkan virus ketika menghembuskan napas, berbicara, atau batuk. Microdroplet bisa melayang di udara dan berpotensi melayang jauh hingga beberapa meter.

DR. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FISR, FAPSR, yang termuat pada KOMPAS mengatakan kemungkinan penularan melalui udara bisa terjadi, terutama pada suatu ruangan yang tertutup atau ruangan yang ventilasinya kurang baik. Orang yang berada di daerah tertutup dengan ventilasi yang tidak baik, saat ada satu orang yang positif, maka orang lain di area terdekat itu dalam jarak lebih dari satu dua meter, punya risiko terinfeksi.

Oleh karenanya, perlu langkah untuk menjaga sirkulasi udara tetap mengalir. Hal ini penting sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona di suatu tempat, termasuk ruangan dalam rumah.

Berikut tips agar udara dalam rumah bersih terhindar dari virus:

1. Perhatikan ventilasi udara
Untuk menjaga udara di rumah agar tetap bersih dan sehat caranya yaitu dengan memperhatikan ventilasi udara. Rumah dengan ventilasi udara yang baik akan membuat sirkulasi udara dalam rumah tergantikan secara teratur.
Agar udara di rumah bisa berganti dengan maksimal, bisa dengan cara membuka jendela tiap ruangan rumah sehingga sirkulasi udara bisa berganti. Apabila ruangan tak memiliki jendel yang bisa dibuka, bisa dicoba untuk membuka pintu sesaat dan menggunakan kipas angin dalam ruangan agar polutan di dalam rumah keluar.

2. Bersihkan perabot secara rutin
Udara kotor bisa juga dihasilkan dari debu tebal yang biasanya menempel pada perabot rumah. Maka agar kualitas udara di rumah bersih, sebaiknya bersihkan juga perabot rumah secara rutin.

3. Gunakan produk pembersih anti-bakteri
Penggunaan produk pembersih anti-bakteri merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan bakteri dan kotoran di dalam ruangan, agar lantai maupun furnitur dapat dibersihkan secara sempurna.

Tampilkan Susun Daftar

10 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

10 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi