Tips Pintar: Tips meningkatkan fungsi otak untuk kembali fokus setelah liburan

Akhir pekan memang selalu ditunggu-tunggu, ketika badan dan kepala sudah letih setelah bekerja dari hari Senin sampai Jumat. Tapi libur akhir pekan seringkali tidak terasa sudah akan berakhir, berakhirnya libur akhir pekan menandakan sudah saatnya kita untuk melakukan aktivitas harian kembali. Biasanya setelah liburan kita akan kesulitan untuk mengumpulkan mood agar bisa fokus bekerja dengan baik. Nah supaya kamu bisa kembali fokus, ada tips mengkonsumsi nutrisi yang tepat dan mungkin akan sangat bermanfaat untuk kamu, yuk ikuti selengkapnya di artikel ini.

1 Kafein
Kabar baik untuk kamu yang suka ngeteh atau ngopi, kandungan kafein pada kedua minuman ini ternyata dapat menstimulasi kerja sistem saraf pusat. Sehingga dengan mengkonsumsi kafein, dapat meningkatkan kemampuan mental terutama pada kewaspadaan, ketelitian, perhatian, dan konsentrasi. Meskipun bisa meningkatkan konsentrasimu, sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan karena dapat menyebabkan kecanduan dan terlebih lagi bisa mengganggu kesehatan seperti gangguan lambung dan detak jantung lebih cepat.

2. Gula
Pada dasarnya otak menggunakaan 400 kalori glukosa setiap hari agar dapat bekerja dengan baik. Tapi gula yang dimaksud disini bukanlah jenis gula fruktosa atau pemanis buatan melainkan gula yang didapatkan secara alami seperti dari madu dan buah. Sebaiknya hindari mengkonsumsi gula buatan secara berlebihan karena tidak banyak manfaatnya untuk tubuh dan dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes.

3. Ikan
Merupakan makanan wajib sehari-hari orang jepang dengan berbagai macam variasi masakannya. Ikan merupakan sumber protein yang kaya akan asam lemak dan omega-3. Lemak pada ikan merupakan jenis lemak sehat yang bisa bermanfaaat untuk meningkatkan fungsi otak. Dengan mengkonsumsi ikan secara teratur dapat mengurangi resiko terkena demensia dan stroke serta memperkuat daya ingat seiring bertambahnya usia.

4. Kacang
Kacang adalah sumber antioksidan vitamin E yang baik. Beberapa penelitian menyebutkan dengan mengkonsumsi kacang dapat memperlambat penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Tapi hati-hati ya, bukan berarti kita dapat mengkonsumsi kacang sebanyak-banyaknya karena dapat menyebabkan asam urat, konsumsilah dengan jumlah yang tepat. Menurut penelitian, cukup dengan mengkonsumsi kacang sebanyak 10 gram atau setara 2 sendok teh dapat meningkatkan kemampuan berpikir, penalaran, dan juga emosi.

5. Alpukat dan Gandum utuh
Mengkonsumsi biji-bijian dan buah-buahan seperti gandum utuh dan alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu juga dapat mencegah penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung. Dengan kata lain, makanan ini mampu menyalakan sel-sel otak dan baik untuk kesehatan jantung.

6. Blueberry
Kandungan antioksidan pada blueberry dapat melawan radikal bebas dan stress oksidatif. Stress jenis ini dapat menyebabkan terjadinya proses penuaan seperti pikun dan penurunan fungsi otak. Blueberry didapati penting dalam membantu mempertahankan fungsi otak, karena dapat membantu perbaikan proses penyampaian sinyal di otak. jadi dengan mengkonsumsi blueberry, dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer atau demensia di usia tua.

Tampilkan Susun Daftar

7 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

7 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi