Tips Pintar: Memutihkan Kulit Dengan Beras

Sering terpapar sinar matahari, polusi udara, mengonsumsi makanan tidak sehat adalah sekian dari beberapa faktor penyebab kulit menjadi kusam. Banyak orang menggunakan berbagai macam cara untuk memutihkan dan mencerahkan kembali kulitnya seperti menggunakan produk-produk pemutih kulit yang menjanjikan dapat memutihkan atau mencerahkan kulit secara cepat, padahal produk tersebut belum tentu cocok dengan kondisi kulit kita atau bahkan belum teruji keamanannya. Untuk mencerahkan dan memutihkan kulit sebenarnya bisa menggunakan bahan alami yang ada sehari-hari, yaitu beras.

Tidak hanya sebagai bahan makanan, beras yang dibuat menjadi masker juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Kandungan asam amino dan ferulic acid didalamnya dapat mencerahkan kulit secara alami serta mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Sebenarnya merawat kulit menggunakan beras sudah dilakukan oleh masyarakat Jepang secara turun temurun. Terlebih lagi, beras juga bersifat antiseptik yang bisa melawan kuman dan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Berikut beberapa manfaat untuk kulit yang didapat dari beras:

1. Mencegah penuaan
Dalam sebuah penelitian terhadap 12 relawan yang menggunakan formulasi masker beras selama 28 hari, ditemukan bahwa tingginya kandungan antioksidan di dalamnya dapat menghambat aktivitas elastase. Ini adalah enzim yang dapat merusak elastin. Artinya, menggunakan masker beras atau air beras dapat mempertahankan elastisitas kulit.

2. Mencerahkan kulit
Keunggulan masker beras yang paling populer adalah mencerahkan kulit. Meski demikian, belum ada uji ilmiah yang mendukung hal ini. Orang-orang di Korea dan Jepang menggunakan air beras atau masker beras untuk mencerahkan kulit wajah. Bisa jadi itu pula sebabnya banyak produk perawatan kulit yang mengandung sari pati air beras sebagai kandungannya.

Lalu bagaimana cara membuat masker dari beras? Sebenarnya ada beberapa cara, kamu bisa pilih yang mana yang praktis dan efisien menurutmu. Beberapa diantaranya adalah sbb:

1. Masker rendaman air beras
Cara membuat masker beras di rumah yang pertama adalah yang paling cepat, yaitu dengan merendam beras. Tahapannya adalah siapkan 100 gram beras dan cuci bersih, tuangkan air 500-700 ml ke dalam baskom, rendam beras selama 30 menit, saring beras dan pisahkan airnya dalam gelas, dan simpan di lemari pendingin. Masker beras yang dibuat dengan metode rendaman ini bisa bertahan di lemari pendingin selama satu minggu. Masker beras ini bisa diaplikasikan pada kulit dan juga rambut.

2. Masker air fermentasi beras
Menurut penelitian, jenis masker beras yang satu ini dapat mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV dan mencegah penuaan. Cara membuatnya cuci bersih 100 gram beras, tuangkan air 500-700 ml ke dalam baskom, rendam beras selama 2 hari untuk memasuki proses fermentasi, setelah 2 hari, aduk rata air dan saring airnya, simpan air di lemari pendingin.

3. Masker tepung beras
Cara membuatnya ambil beras sesuai kebutuhan, cuci dan keringkan. Setelah kering, haluskan beras dengan cara ditumbuk atau menggunakan blender. Setelah halus campur dengan air hangat atau bisa menggunakan minyak zaitun, bisa ditambah pula yogurt atau madu sampai bertekstur seperti pasta. Oleskan secara merata ke seluruh tubuh dan diamkan selama 15-30 menit. Kamu juga dapat menjadikan bahan ini lulur dengan cara menggosokkannya sebelum dibilas. Lakukan rutin 1-2 kali dalam semiggu agar mendapat hasil yang maksimal.

We can't find products matching the selection.
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi