Tips Pintar Memasak Sayuran Agar Gizinya Tidak Hilang

Sayuran merupakan salah satu makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Ini karena sayur mengandung berbagai zat gizi penting yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, zat gizi tersebut bisa hilang begitu saja jika kita memasaknya dengan cara yang salah. Berikut adalah tips memasak sayuran agar nutrisinya tidak hilang, yaitu:

1. Cuci sayuran dengan air mengalir, jangan direndam
Mencuci sayuran berguna untuk menghilangkan bakteri, kuman, maupun pestisida yang menempel pada sayuran. Cuci sayuran pada air mengalir dan jangan pernah mencoba untuk merendamnya. Merendam sayuran hanya akan membuat kandungan nutrisinya hilang, seperti vitamin C. Perlu diketahui bahwa vitamin C sangat rentan terhadap panas, air, dan udara.

2. Potong sayuran dalam bentuk besar-besar
Untuk sayuran yang banyak mengandung vitamin larut air, seperti vitamin C, potonglah sayuran dalam bentuk besar atau bisa juga memasaknya dalam bentuk yang utuh. Hal ini berfungsi agar tidak banyak kandungan nutrisi yang hilang selama proses pemasakan. Semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak nutrisi yang dapat hilang saat proses pemasakan.

Jika ingin mendapatkan potongan sayuran yang lebih kecil, kamu dapat memotongnya lagi setelah selesai dimasak. Sebagai contoh, Anda dapat merebus kentang utuh dengan kulitnya, kulit kentang juga mengandung nutrisi yang banyak sehingga sayang untuk dibuang. Kemudian, setelah selesai direbus, kamu dapat memotong kentang menjadi bagian yang lebih kecil agar mudah untuk dimakan.

3. Jaga waktu, suhu, dan air saat memasak
Perlu di perhatikan akan waktu, suhu, dan jumlah air minimum yang digunakan untuk memasak. Waktu masak yang terlalu lama, suhu yang terlalu tinggi, dan jumlah cairan yang terlalu banyak dapat membuat semakin banyak nutrisi yang hilang pada sayuran. Semakin sedikit air yang dipakai untuk memasak, semakin banyak nutrisi yang dapat dipertahankan, terutama untuk sayuran yang mengandung vitamin larut air.

Disarankan untuk memasak sayuran, terutama yang mengandung vitamin larut air (seperti vitamin C dan vitamin B)- dengan cara dikukus, cara ini terbukti paling baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa brokoli yang dimasak dengan cara dikukus dapat mempertahankan kandungan vitamin C-nya hingga 80%, daripada dimasak dengan metode lain.

4. Pilih metode memasak yang sesuai
Dengan menggunakan metode memasak yang tepat, kamu dapat mengurangi jumlah nutrisi yang hilang karena proses pemasakan. Sehingga, kamu tetap mendapatkan nutrisi optimal dalam sayuran yang dimakan.

  1. Mengukus sayuran : Metode memasak yang paling baik untuk sayuran terutama yang mengandung vitamin larut air.
  2. Memanggang sayuran : Panggang sayuran dalam oven atau di atas kompor dengan sayuran diberi minyak terlebih dahulu. Panggang sampai berubah warna dan teksturnya renyah.
  3. Menumis sayuran : Menumis dengan sedikit minyak karena menumis dapat mempertahankan vitamin dan mineral, juga rasa dan warna sayuran.
  4. Merebus sayuran : Ketika merebus sayuran, alangkah baiknya menunggu air rebusan sampai mendidih terlebih dahulu, baru masukkan sayuran ke dalamnya.

Secara umum, mengukus atau menggunakan microwave dengan sedikit air atau minyak merupakan cara paling baik untuk memasak berbagai jenis sayuran atau makanan lain, karena tidak menyebabkan banyak zat gizi yang hilang. Jadi, selamat mencoba!

Jika Yolers ingin belanja sayur dan buah praktis dan fresh, ya di Yogya Online. Semua produk sayuran tersedia di sini. Klik Banner dibawah! Termukan produknya dan dapatkan promonya.

 

 

 

 

 

 

We can't find products matching the selection.
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi