Tips Pintar Kuat Begadang Nonton Euro

Bagi peenggemar sepak bola, ajang Euro 2020 menjadi momen yang tidak boleh terlewatkan. Sebagai suporter pastinya sudah tidak sabar untuk mendukung tim kesayangan bertanding. Namun perbedaan waktu antara Indonesia dan sejumlah negara tuan rumah di Eropa bisa jadi membuat kita harus kuat begadang untuk nonton bola.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut tips begadang sehat saat nonton Euro 2020 :

1. Manfaatkan tidur siang
Durasi tidur ideal bagi orang dewasa usaia 18 tahun ke atas adalah 7-9 jam setiap malam.
Maka dari itu kamu harus tetap sempat tidur meski akan merencanakan begadang. Triknya, cicil waktu tidur dengan tidur siang. Agar cara ini bisa efektif, luangkanlah waktu sekitar pukul 12.30 sampai 14.00 untuk tidur siang sekitar 10-20 menit. Membatasi tidur siang hanya sekitar 10-20 menit sudah dapat membuat kamu merasa lebih melek, dan segar. Kemudian sempatkan tidur sebentar di malam hari -H pertandingan dan bangun dalam 1-2 jam sebelum pertandingan dimulai.

2. Pasang lampu terang
Cahaya lampu yang terang ternyata mempengaruhi efek yang kuat pada jam internal tubuh. Dilansir dari Hello Sehat, sinar terang dapat memanipulasi sistem tubuh dan tubuh mengira belum saatnya kamu tidur. Sehingga saat sedang menonton Euro, kamu tidak lemas dan tetap bugar.

3. Minum kopi sebelum tidur
Sebagian besar ahli mengusulkan bahwa cara terbaik agar bisa begadang adalah dengan mengonsumsi kafein tepat sebelum tidur siang selama kurang lebih 15-20 menit. Para ilmuwan menduga bahwa minum kopi sebelum tidur siang dapat meningkatkan energi tubuh dan meningkatkan fokus kamu setelah terbangun nanti. Sebab, kafein membantu melawan adenosin, salah satu zat alami yang dilepaskan tubuh untuk memicu kantuk. Dengan kata lain, minum kopi sebelum tidur dapat meningkatkan kerja reseptor kafein di otak sehingga kamu tidak lagi merasa mengantuk dan justru lebih energik setelah bangun. Efek kafein dapat bertahan 1,5 hingga 7,5 jam, atau lebih tergantung dosis kafein dalam kopi yang kamu minum.

4. Pilih makanan ringan yang sehat
Supaya tidak merasa mengantuk saat bergadang, hindari makanan berat yang banyak mengandung gula dan karbohidrat. Pilih buah-buahan, sayur atau salad sebagai cemilan sehat. Tidak hanya mencegah rasa kantuk, makanan tersebut menjamin kebutuhan energi sehingga tidak kelelahan saat tidak tidur semalaman. Sambal atau saus pedas boleh ditambahkan, sekedar untuk menghindari rasa kantuk.

Banyaklah mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C banyak ditemukan di buah Jeruk. kamu juga dapat minum multivitamin atau minuman yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C akan sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C adalah vitamin yang terkenal dengan kemampuan anti-oksidan.

5. Lakukan aktivitas fisik
Banyak orang telah membuktikan bahwa aktivitas fisik adalah solusi yang efektif untuk mengatasi rasa kantuk. Olahraga membuat tubuh lebih terjaga, sehingga tidak merasa mengantuk. Karena itu jika mulai menguap saat menonton bola, manfaatkan jeda waktu 15 menit sebelum babak kedua untuk berjalan kaki ke luar ruangan.

Sudah siap begadang? Jangan lupa untuk lakukan tips diatas agar tubuh kamu tetap sehat. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

7 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Jeruk
    Jeruk Wokam Rrt 600gr
    10%
    Regular Price Rp 40.000 Special Price Rp 36.000
    Quickview
  2. Lengkeng
    Lengkeng Bangkok 500gr
    17%
    Regular Price Rp 26.400 Special Price Rp 22.000
    Quickview
  3. Sunpride
    Sunpride Nanas Honi Pcs
    30%
    Regular Price Rp 26.950 Special Price Rp 18.900
    Quickview
  4. Sunpride
    Sunpride Pisang Cavendish 1000gr
    29%
    Regular Price Rp 27.450 Special Price Rp 19.500
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

7 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi