Tips Merawat Perabotan Rumah Tangga Berbahan Plastik

Bahan atau perlengkapan rumah tangga tidak akan lepas dari perlengkapan yang terbuat dari plastik seperti tempat makan, piring, gelas, tempat air minum, baskom plastik dan sebagainya. Tentu bahan-bahan tersebut memiliki kriteria sendiri dalam merawatnya tidak seperti perlengkapan rumah tangga lain yang terbuat dari material besi atau aluminium misalnya. Sebagai contoh saja peralatan rumah tangga yang terbuat dari palstik apabila terkena noda minyak atau lemak tentu lebih sulit menghilangkannya dari pada peralatan lain dirumah.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk membersihkan, menjaga peralatan atau perlengkapan rumah tangga kamu yang terbuat dari bahan plastik agar tahan lebih lama dan awet digunakan :

  1. Untuk peralatan atau perabotan plastik yang bernoda, sebaiknya rendam dengan air baking soda selama 20 menit, lalu cuci dengan sabun hingga bersih.
  2. Oleskan minyak kelapa supaya warna peralatan atau perabotan plastik lebih awet. Selanjutnya, cuci dengan sabun dan air mengalir hingga bersih.
  3. Jika berbau, masukkan koran basah, lalu tutup rapat. Simpan di dalam freezer semalaman. Kemudian esok harinya cuci hingga bersih.
  4. Cara lainnya untuk menghilangkan bau dan noda lemak adalah meneteskan air lemon, lalu tutup wadah dan diamkan hingga baunya hilang. 
  5. Kamu juga bisa menuangkan alkohol ke dalam wadah, lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, cuci wadah hingga bersih.
  6. Selanjutnya, rendam peralatan atau perabotan plastik dalam air yang dicampur cuka. Diamkan selama 1-2 jam, lalu cuci dengan sabun dan bilas hingga bersih.
  7. Setelah membersihkan peralatan atau perabotan berbahan plastik, sebaiknya selalu simpan dalam keadaan kering supaya tidak meninggalkan aroma tidak sedap. 
  8. Saat mencuci sebaiknya gunakan spons yang lembut, supaya tidak menggores permukaan plastik dan membuat warnanya pudar.
  9.  Hindari menyimpan saus dalam wadah plastik, karena cenderung akan sulit dihilangkan. Bisa gunakan wadah non plastik saja.

 

 

Gampang banget kan mempraktikkannya? Itulah beberapa tips merawat perabotan rumah berbahan plastik yang mimin lansir dari idntimes.com. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !

Tampilkan Susun Daftar

8 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

8 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi