Tips Mengatasi Gigitan Serangga pada Anak

Sengatan atau gigitan serangga, seperti semut, nyamuk, kutu, dan lebah bisa menyebabkan reaksi ringan seperti kulit gatal yang disertai benjolan kemerahan. Racun serangga dan zat pada air liur nyamuk akan memicu kekebalan tubuh melepaskan histamin. Histamin akan membantu mengantarkan sel darah putih untuk melawan racun dan zat berbahaya lainnya yang berasal dari gigitan serangga. Reaksi inilah yang menyebabkan gatal, peradangan, dan pembengkakan pada bagian kulit yang terkena gigitan serangga.

Selain gangguan pada kulit, gigitan serangga dapat menimbulkan infeksi. Untuk itu kamu perlu mengenal ciri dan gejala tiap gigitan serangga, Dengan demikian, kamu bisa cepat memberikan pertolongan pertama yang tepat, Si Kecil pun lekas sembuh, dan bisa kembali beraktifitas. Berikut tips-tips yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama jika Si Kecil terkena gigitan serangga yang mimin lansir dari ayahbunda.co.id.

1. SEMUT
- Gejala : Muncul bintik tunggal di kulit dan sekitarnya dengan warna kemerahan dan berdiameter 2-5 mm. Timbul rasa panas, nyeri, sekaligus gatal yang intens di daerah bekas gigitan.

- Pertolongan pertama : Bersihkan luka sesegera mungkin. Usahakan dalam waktu 10 menit setelah gigitan. Cuci daerah yang terkena gigitan menggunakan air hangat dan sabun anti bakteri atau campuran air dengan larutan antiseptik. Jaga Si Kecil untuk tidak menggaruk bekas gigitan. Oleskan krim anti radang agar membantu mengurangi bengkak dan gatal akibat gigitan.


2. ULAT BULU
- Gejala : Muncul rasa clekit-clekit di kulit dan timbul bentol-bentol. Jika reaksi cukup berat, bentol-bentol ini akan menjadi bruntus-bruntus kecil dan akan tampak seperti eksim atau dermatitis.

- Pertolongan pertama : Hilangkan bulu ulat yang menempel dengan menggunakan kertas, sarung tangan, atau selotip sebelum menyebar ke bagian tubuh lain. Gunakan air hangat dan sabun untuk mencuci daerah kulit yang terkena gigitan ulat. Jaga Si Kecil agar tidak menggaruk daerah kulit yang gatal. Gunakan krim atau lotion, kayu putih, minyak tawon atau balsem yang bisa mengurangi reaksi gatal karena gigitan serangga.


3. KUTU
- Gejala : Muncul benjolan kecil berwarna merah di bawah kulit dan terasa gatal.

- Pertolongan pertama : Segera cuci bagian yang digigit dengan sabun antibakteri. Hindari menggunakan air panas karena akan memperburuk sensasi gatal, sehingga kamu perlu memastikan untuk menggunakan air dingin. Keringkan daerah benjol dengan kain bersih dan oleskan krim pereda gatal. Jaga Si Kecil agar tidak menggaruk bekas gigitan.


4. LEBAH
- Gejala : Muncul rasa terbakar dan nyeri di tempat sengatan. Gatal dan pembengkakan di daerah gigitan hingga timbul benjolan merah.

- Pertolongan pertama : Lepaskan penyengat dari kulit secara perlahan. Jangan ditarik karena akan membuat racun semakin tersebar. Cuci luka bekas gigitan dengan sabun antibakteri dan air bersih yang mengalir. Kompres daerah sengatan menggunakan es (kantung es). Beri obat golongan antihistamin untuk mengurangi gatal.


5. NYAMUK
- Gejala : Gatal dan berubah menjadi benjolan pada permukaan kulit. Gigitan sangat terlihat, misalnya di tangan, wajah, atau kaki.

- Pertolongan pertama : Kompres dengan es batu untuk membantu mengurangi bengkak pada kulit. Jaga untuk tidak menggaruk bekas gigitan nyamuk. Taburkan bedak yang mengandung mentol pada bekas gigitan yang memerah di kulit untuk memberikan sensai dingin dan mengurangi rasa gatal.

 

Jadi Moms ga usah panik lagi jika Si Kecil terkena gigitan serangga!. Langsung cek tips diatas untuk tindakan awal sebelum membawanya ke dokter, serta gunakan berbagai produk yang dapat mengantisipasi gigitan serangga yang sudah tersedia di Yogya Online. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

10 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Konicare
    Konicare Telon Plus 125ml_1b12p
    23%
    Regular Price Rp 56.800 Special Price Rp 43.950
    Quickview
  2. My Baby
    My Baby Telon Plus 60ml_1b12p_1c60p
    5%
    Regular Price Rp 20.500 Special Price Rp 19.500
    Quickview
  3. Caladine
    Caladine Powder Original 100gr
    16%
    Regular Price Rp 19.200 Special Price Rp 16.200
    Quickview
  4. Caladine
    Caladine Lotion 60ml
    Rp 19.800
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

10 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi