Tips Memilih Makanan Untuk Memulihkan Stamina Setelah Berolahraga

Tahukah kamu mengapa setelah berolahraga tubuh terasa lemas, kurang tenaga, dan perut menjadi lapar? Sederhananya begini: saat berolahraga, tubuh akan memecah protein menjadi energi. Sebagai gantinya, otot akan menggunakan glikogen untuk menggantikan sel-sel yang rusak sekaligus sumber tenaga tambahan. Inilah mengapa kamu akan merasa lelah dan lapar selepas berolahraga. Nah, untuk menyuplai kembali glikogen yang telah digunakan dan merangsang terbentuknya otot baru, kamu perlu konsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi tertentu.

Berikut jenis-jenis makanan yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga yang mimin lansir dari halodoc.com.

1. Kacang Almond dan Sereal
Sekilas memang lebih terlihat seperti makanan ringan, tetapi kacang dan sereal adalah menu kombinasi yang tepat disantap setelah kamu berolahraga. Kedua jenis makanan ini memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi. Dalam sekejap, kebutuhan tubuh akan dua nutrisi penting ini akan segera terpenuhi.

 

2. Oatmeal
Oatmeal kaya akan serat, karbohidrat, dan protein. Jenis makanan ini paling nikmat disantap saat dicampurkan dengan susu putih.

 

3. Salad Buah
Selain sereal, makanan untuk memulihkan tenaga lainnya adalah buah. Semua buah memang kaya vitamin, tetapi kamu bisa mempertimbangkan buah nanas atau kiwi. Tak hanya kaya akan vitamin dan mudah dicerna, dua jenis buah ini turut membantu proses pemecahan asam amino serta mencegah terjadinya peradangan otot.

 

4. Kacang, Yogurt, dan Buah-buahan
Coba kamu campurkan kacang almond dengan yogurt dan potongan buah pisang atau kiwi. Tak hanya nikmat, campuran menu ini juga secara sekejap akan memenuhi asupan karbohidrat dan protein yang hilang dalam tubuh. Kalau tidak sempat membuatnya, mengonsumsi buah pisang saja sudah cukup kok.

 

5. Roti Isi Daging atau Telur
Mengonsumsi daging setelah berolahraga? tidak salah kok, asalkan dalam porsi yang sesuai. Nah, kamu bisa membuat tumis daging dan menyajikannya dengan roti. Kalau tidak ada daging, kamu bisa menggantinya dengan telur.

 


Itu tadi beberapa makanan untuk memulihkan tenaga yang bisa kamu coba setelah berolahraga. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

14 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

14 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi