Tips Agar Tidak Tertular Virus Corona Varian Baru

Varian baru virus Corona B117 asal Inggris, B1351 asal afrika, dan B1617 asal India sudah masuk Indonesia, Jenis varian ini sebelumnya disebut-sebut lebih menular 40-70 persen. Karena variannya lebih cepat menyebar. Hal itu bisa menyebabkan timbulnya lebih banyak kasus dan semakin membebani sistem perawatan kesehatan.

Untuk mengantisipasi agar tidak tertular varian baru virus Corona, Pakar Kesehatan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof Kusnandi Rusmil memberikan tips. Di antaranya termasuk mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Tidak boleh sembarangan pergi kemana-mana kalau tidak perlu, jaga daya tahan tubuh.

Tidak hanya itu beberapa tips dibawah juga bisa bantu agar tidak tertular virus tersebut.

1. Sering mencuci tangan
Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) merekomendasikan agar selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Selain itu kamu juga bisa pakai hand sanitizer yang mengandung setidaknya 6 persen alkohol jika tidak ada air dan sabun. Mencuci tangan dilakukan saat melepas masker, sebelum menyentuh hidung, mata, dan mulut.

 

2. Menggunakan dua lapis masker
CDC menyebut pemakaian dua lapis masker dianjurkan untuk mengurangi risiko infeksi Corona. Pemakaian masker rangkap ini sangat disarankan terutama jika berada di tempat dengan penularan berisiko tinggi. Jika kamu tidak memungkinkan memakai masker rangkap, gunakan masker yang memiliki dua atau tiga lapis di dalamnya. Beberapa cara meningkatkan efektivitas masker yang disarankan CDC:
- pilih masker dengan kawat hidung
- gunakan mask filter atau brace
- periksa apakah masker sudah pas di hidung, dagu, dan mulut
- gunakan masker kain dan medis secara bersamaan
- ikat simpul tali masker untuk meningkatkan efektivitas

 

3. Mengurangi waktu berbelanja di luar rumah
Sering datang ke pusat perbelanjaan membuat diri menjadi lebih sering terpapar lingkungan dan orang-orang yang mungkin membawa virus. "Setiap menit yang dihabiskan untuk berbelanja di dalam ruangan meningkatkan risiko Anda," jelas dr Scott Braunstein, direktur Sollis Health dari Los Angeles.

 

4. Kurangi Nongkrong
Siapa saja yang kamu temui di luar rumah akan memicu risiko tertular virus corona. Upaya untuk mempraktikan jaga jarak juga harus dilakukan dengan baik setiap kali kamu keluar rumah. Hindari dulu untuk bertemu dengan banyak orang dalam satu waktu di masa pandemi ini.

 

5. Vaksinasi
Vaksinasi COVID-19 diyakini bisa membuat seseorang tak mengalami sakit parah akibat COVID-19. Maka dari itu, saat mendapat giliran, sesegera mungkin untuk melakukan vaksinasi.

 

Itulah beberapa tips yang mimin lansir dari health.detik.com disarankan untuk dilakukan, agar diri kita tidak mudah terkena virus corona. Yolers gak perlu khawatir mengenai kebutuhan belanja termasuk produk-produk APD yang dibutuhkan bisa memanfaatkan berbelanja online di Yogya Online. Kami siap bantu memenuhi kebutuhan Yolers dirumah. Semoga bermanfaat!

 

Gunakan Aplikasi Yogya Online Untuk Memudahkan dalam Berbelanja!

Download Disini !

Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi