Sumber kolagen alami Bikin kulit makin elastis dan awet muda

Kolagen adalah jenis protein berserat yang merupakan pondasi utama dari tulang, kulit, urat dan jaringan ikat yang memberikan struktur dan kekuatan. Kolagen juga memiliki fungsi seperti lem yang merekatkan keseluruhan tubuh menjadi satu kesatuan. Selain itu, kolagen memiliki fungsi untuk memulihkan jaringan tubuh yang terluka, memperkuat tulang, melenturkan kulit dan jaringan tendon.

Namun, bertambahnya usia membuat produksi kolagen kian menurun. Hal ini bisa menyebabkan kulit rentan mengalami masalah seperti kering dan keriput. Untungnya banyak makanan yang merupakan sumber kolagen yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan sumber kolagen tersebut terutama kulit dan tulang akan terhindar dari masalah seperti keriput dan nyeri sendi.

Berikut Makanan yang mengandung sumber kolagen yang mimin lansir dari beberapa sumber.

1. Kaldu tulang
Dilansir dari healthline.com, merebus tulang hewan dalam air merupakan proses yang dipercaya dapat mengekstrak kolagen. Meski tiap kaldu tulang berbeda karena kualitas tulang yang digunakan.

2. Daging ayam
Daging ayam merupakan makanan yang mengandung kolagen tertinggi dan baik untuk kulit maupun wajah. Jaringan putih pada ayam membuatnya kaya akan sumber kolagen. Kolagen paling tinggi pada ayam terletak pada bagian leher dan tulang muda. Selain itu ayam juga mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen.

3. Ikan
Selain ayam, sumber kolagen alami terbesar yang mudah didapatkan adalah ikan. Sama seperti ayam, tidak semua bagian ikan mempunyai kolagen yang tinggi, hanya beberapa bagian ikan saja, yaitu mata, kepala, dan sisik ikan.

4. Bawang putih
Bawang putih termasuk salah satu makanan yang mengandung kolagen. Hal tersebut karena secara alamai bawang putih mengadung beleran (sulfur) yang tinggi dan pada akhirnya akan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen.

5. Buah beri
Beberapa jenis buah beri seperti strawberry, blueberry, dan rasberry kaya akan vitamin C yang membantu tubuh dalam memproduksi kolagen. Selain itu juga beberapa buah beri juga kaya akan antioksidan yang membantu kulit terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Brokoli
Adalah sayuran hijau gelap yang mengandung banyak vitamin C. Brokoli masak atau mentah memberikan asupan vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Setelah mengetahui beberapa makanan yang mengandung kolagen, berikut beberapa manfaat kolagen bagi tubuh, kulit, dan rambut :

1. Mengurangi kerontokan pada rambut.
2. Memperkuat otot tubuh.
3. Memperkuat tulang.
4. Meningkatkan sistem imun.
5. Sebagai antioksidan.
6. Membantu merangsang pergantian kulit.
7. Membantu mengencangkan kulit dan mencegah penuaan.
8. Mengurangi selulit.
9. Meningkatkan massa otot.
10. Meredakan nyeri sendi.
11. Menjaga kesehatan jantung.
12. Meningkatkan hormon seksual.
13. Membuat tidur lebih berkulaitas.
14. Membantu menjaga berat badan.
15. Membantu penggumpalan darah ketika terjadinya pendarahan.

 

Itulah beberapa informasi mengenai kolagen yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Yuk, belanja produknya di DAISBU

 

Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Sayur
    Brokoli 400gr
    Rp 22.600
    Quickview
  2. Sayur
    Bawang Putih 250gr
    20%
    Regular Price Rp 15.250 Special Price Rp 12.200
    Quickview
  3. Ayam
    Ayam Broiler Utuh Per Ekor
    Rating:
    80%
    27%
    Regular Price Rp 43.500 Special Price Rp 31.900
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi