Sudahkan Cabai Yang Dipilih Segar dan Berkualitas?

Masakan Indonesia terkenal dengan rasa berempah dan pedasnya. Cabai merupakan bumbu dapur yang wajib ada dirumah. Rasa pedasnya mampu membangkitkan selera makan dan menambah cita rasa masakan. Maka dari itu, saat membeli cabai pastikan untuk tidak asal dalam memilih. Karena untuk menghasilkan rasa yang berkualitas, pilihlah cabai dengan kualitas terbaik dan dalam kondisi yang masih segar.

Namun, memilih cabai yang segar dan berkualitas tidak selalu mudah. Berikut beberapa tips supaya kamu:

1. Warna Cerah dan Segar
Ciri pertama cabai segar adalah warnanya yang cerah dan tidak kusam. Cabai merah harus berwarna merah menyala, cabai hijau harus berwarna hijau segar, dan cabai keriting harus berwarna merah orange cerah. Hindari cabai yang memiliki bintik-bintik coklat atau berwarna kusam, karena ini menandakan cabai sudah mulai busuk.

2. Tekstur Keras dan Kencang
Cabai segar memiliki tekstur yang keras dan kencang saat diraba. Hindari cabai yang terasa lembek, layu, atau berkerut, karena ini menunjukkan cabai sudah tidak segar.

3. Tangkai Utuh dan Hijau
Cabai segar memiliki tangkai yang utuh dan masih berwarna hijau. Hindari cabai yang tangkainya sudah kering atau berwarna coklat, karena ini menandakan cabai sudah dipetik lama.

4. Aroma Pedas yang Khas
Cabai segar memiliki aroma pedas yang khas. Cium cabai sebelum membelinya untuk memastikan aromanya masih segar. Hindari cabai yang baunya tidak sedap atau tengik.

5. Belilah Cabai yang Sesuai Kebutuhan Masak
Misal, jika kamu ingin membuat masakan pedas untuk langsung disantap, maka pakailah cabai yang cenderung muda dan segar. Sebaliknya, jika kamu akan membuat hidangan dalam jumlah banyak atau untuk disimpan hingga beberapa hari, maka pilihlah cabai yang lebih tua atau matang supaya rasa pedas yang dihasilkan lebih optimal.

6. Perhatikan Penyimpanan Cabai
Gunakanlah tempat yang tertutup rapat dan letakkan didalam lemari pendingin agar kesegaran cabai tetap terjaga.

Nah, itulah tips-tipsnya Yolers, sudah tidak bingung lagi kan? Semoga bermanfaat!!

 

 

Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi