Sebagaimana karbohidrat dan vitamin, protein merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang besar. Begitu kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein, sistem pencernaan akan memecah protein menjadi asam amino yang diperlukan oleh banyak bagian tubuh manusia. Protein juga merupakan nutrisi yang berperan dalam pertumbuhan sel, perbaikan jaringan, dan menjaga fungsi tubuh yang optimal. Selain daging dan tempe, ikan ternyata sumber protein yang kaya dan sehat.

Untungnya, sejumlah ikan lokal dengan kandungan protein tinggi ini bisa kita peroleh dengan harga terjangkau. Dikutip dari beberapa sumber berikut 5 ikan lokal dengan kandungan protein tinggi.


1. Ikan Kembung
Kandungan gizi dalam ikan kembung tidak perlu diragukan lagi. Kandungan protein dalam ikan kembung tidak jauh bebeda dengan ikan salmon. Selain itu, harga ikan kembung juga relatif lebih murah dan terjangkau oleh semua kalangan. Ikan kembung juga menghasilkan rasa yang lezat ketika diolah menjadi menu keluarga. Berikut adalah kandungan gizi dalam 100 gram ikan kembung segar.

- Energi : 125 kkal
- Protein : 20.1 gram
- Lemak 1.7 gram
- Karbohidrat : 0 gram

2. Ikan Kakap
Ikan kakap mengandung kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan ikan salmon, namun kandungan proteinnya ternyata tidak jauh berbeda. Sehingga ikan kakap juga cocok untuk dijadikan alternatif menu diet. Selain itu, ikan kakap juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Berikut kandungan gizi dalam 100 gram ikan kakap segar.

- Energi : 92 kkal
- Protein : 20 gram
- Lemak : 0.7 gram
- Karbohidrat : 0.0 gram

3. Ikan Gurame
Selain rasanya yang lezat, ikan gurame juga mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Ikan gurame cocok untuk diolah menjadi sup ikan dipanggang untuk sajian keluarga. Berikut adalah kandungan gizi dalam 100 gram ikan gurame segar.

- Energi : 125 kkal
- Protein : 17.5 gram
- Lemak : 5.5 gram
- Karbohidrat : 0.0 gram

4. Ikan Patin
Ikan patin bisa dikonsumsi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga lansia. Ikan patin memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang cukup lezat. Ikan patin mengandung beberapa jenis asam amino seperti leusin, isoleusin, glisin, histidine, prolin, dan teronin. Selain itu, ikan patin juga mengandung gizi yang cukup lengkap. Berikut kandungan gizi dalam 100 gram ikan patin segar.

- Energi : 132 kkal
- Protein : 17.0 gram
- Lemak : 6.6 gram
- Karbohidrat : 1.1 gram

5. Ikan tongkol
Pemilik nama latin Euthynnus affinis ini sebenarnya masih memiliki kekerabatan dengan jenis ikan laut lain, yaitu ikan tuna dan ikan kembung. Oleh karena itu, kandungan nutrisi pada ikan tongkol juga tidak jauh berbeda dengan kedua jenis ikan tersebut. Berikut kandungan gizi dalam 100 gram ikan tongkol segar.

- Energi : 110 kkal
- Protein : 23,87 gram
- Lemak : 0,92 gram
- Karbohidrat : 0 gram


Nah, itulah beberapa ikan lokal yang dapat menjadi pilihan untuk menjadi asupan makanan yang memiliki gizi yang cukup tinggi. Apalagi dengan harganya yang cukup terjangkau dibandingkan ikan impor. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

4 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Ikan
    Ikan Tongkol 300gr
    Rp 18.000
    Quickview
  2. Ikan
    Ikan Gurame Pcs
    39%
    Regular Price Rp 27.400 Special Price Rp 16.950
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

4 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi