Kulit Telur Jangan Dibuang! Banyak Manfaatnya!

Cangkang telur merupakan salah satu limbah rumah tangga yang jarang dipandang manfaatnya. Biasanya hanya akan dibuang dan tidak dimanfaatkan lagi karena dianggap sebagai limbah yang tidak berguna. Cangkang telur memang tidak bisa diolah menjadi makanan. Tapi, bahan ini sangat bermanfaat bagi tumbuhan. Didalamanya mengandung berbagai nutrisi yang bisa digunakan sebagai pupuk alami.

Cangkang telur mengandung hampir 95,1% adalah garam-garam organik, 3,3% bahan organik (terutama protein), dan 1,6% air. Cangkang telur mengandung kalsium dalam bentuk kalsium karbonat (CaCO3). Kandungan kalsium pada cangkang telur yang cukup besar dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman.

Berikut manfaat cangkang telur untuk tanaman :

1. Pupuk Kompos
Cangkang telur mengadung kalsium yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan dinding sel tanaman. Tanpa asupan tersebut, tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik dan cepat. Caranya cuci cangkang telur dan keringkan. Kemudian hancurkan dan campurkan.

2. Mencegah Pembusukan Tanaman
Manfaat ini berasal dari kandungan kalsium yang terdapat dalam cangkang telur. Asupan tersebut dapat diserap oleh tanaman sehingga membuatnya tidak mudah busuk. Caranya, cuci dan keringkan cangkang telur. Kemudian haluskan dan masukkan ke dalam lubang tanah sebelum menanam tumbuhan.

3. Penangkal Hama
Caranya, cuci dan keringkan cangkang terlur terlebih dulu. Kemudian hancurkan jadi bagian-bagian besar, lalu tebarkan di sekitar halaman. Cara ini dapat mencegah siput dan cacing merusak tanaman.

4. Penyubur tanah
Manfaat cangkang telur ini berkat kandungan kalsium di dalamnya. Kegunaannya bisa dirasakan dengan baik pada tanah dengan tingkat keasaman yang tinggi. Caranya, haluskan cangkang telur yang telah dicuci dan dikeringkan. kemudian campurkan dengan tanah yang digunakan untuk menanam tanaman.

5. Sebagai pupuk alami
Menurut American Society of Plant Biologists, kalsium yang terdapat di dalam cangkang telur memberikan efek pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman. Caranya, masukkan bubuk cangkang telur ke dalam wadah air dan diamkan selama beberapa hari. Gunakan air tersebut untuk menyiram tanaman.

Itulah beberapa manfaat cangkang telur untuk tanaman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tampilkan Susun Daftar

10 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Happy Egg
    Happy Egg Telur Ayam Negeri 10s
    8%
    Regular Price Rp 23.650 Special Price Rp 21.950
    Quickview
  2. Telur
    Telur 1kg
    Rating:
    90%
    Rp 29.700
    Quickview
  3. Happy Egg
    Happy Egg Telur Omega 10s C10
    6%
    Regular Price Rp 32.450 Special Price Rp 30.750
    Quickview
  4. Omega 3
    Omega 3 Telur Omega 3
    Rp 41.250
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

10 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi