Empat Teknik Merebus, Agar Makanan Tetap Sehat dan Lezat

Dibandingkan dengan menggoreng dan memanggang, mengolah makanan dengan cara direbus dipercaya lebih sehat. Merebus merupakan metode memasak dengan cara memanaskan air atau kaldu hingga mendidih, lalu makanan dimasukkan ke dalam air tersebut hingga matang. Teknik memasak ini dapat digunakan untuk mematangkan telur, pasta, ayam, sayuran dan beberapa jenis seafood.

Meskipun begitu merebus tidak hanya sekedar menunggu mendidihnya suatu air saja kemudian memasukkan bahan makanan yang akan dimasak. Faktanya proses merebus memiliki teknik tertentu yang lebih dalam untuk mengolah makanan agar lebih lezat. Berikut beberapa teknik merebus yang mimin lansir dari beberapa sumber.

1. Teknik Boiling
Adalah mengolah makanan di dalam cairan yang mendidih hingga mencapai titik didih 100°C . Contoh bahan yang dapat diolah dengan teknik boiling : daging segar, daging awet, telur, pasta, sayuran, dan tulang.

Sayangnya teknik merebus ini kurang dianjurkan untuk memasak sayuran. Hal ini disebabkan karena saat merebus sayuran dengan kondisi air yang terlalu panas dapat menyebabkan beberapa kandungan vitamin dan juga nutrisi yang ada dalam sayuran tersebut dapat menghilang atau menyusut gizinya.


2. Teknik Poaching
Adalah teknik merebus bahan makanan dibawah titik didih yakni dalam suhu air kisaran 92°C hingga 96°C dan dengan cairan yang terbatas jumlahnya. Contoh bahan yang dapat diolah dengan teknik poaching : daging, ayam, telur setengah matang, ikan, buah-buahan, dan sayur.

Tujuan dari merebus dengan teknik poaching ini yaitu agar bahan makanannya tetap terjaga dan juga tidak mudah hancur. Untuk mendapatkan hasil yang baik perlu menggunakan ukuran panci yang tepat dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Panci yang terlalu besar akan memerlukan jumlah volume cairan lebih banyak dan proses memasak jadi lebih panjang.


3. Teknik Braising
Adalah teknik merebus bahan makanan dengan jumlah cairan setengah dari bahan yang akan direbus dalam panci tertutup dan dengan api kecil. Contoh yang dapat diolah dengan teknik braising : daging.

Fungsi dari teknik braising adalah untuk menghasilkan daging yang lunak dan membuat aroma daging keluar dan menyatu. Menyatunya aroma daging dengan cairan tersebut akan membuat rasanya menjadi enak.


4. Teknik Stewing
Adalah teknik memasak dengan cairan dalam jumlah sedikit dan menggunakan potongan kecil bahan makanan. Adapun proses memasak dengan cara direbus ini terbilang lamban. Proses yang lama ini bertujuan agar makanan dapat matang sempurna sehingga aromanya terasa wangi. Memasak dengan teknik ini umumnya dilakukan untuk makanan seperti daging-dagingan, opor ayam, semur, rendang, sop iga.

Biasanya cara memasak ini menggunakan beberapa bumbu dapur untuk menghasilkan aroma yang wangi. Bedanya stewing dengan braising adalah teknik stewing adalah teknik memasak tanpa menggunakan penutup panci di atasnya. Sedangkan braising, seringnya perlu menutup bagian atasnya agar masakan dapat matang sempurna.


Semoga informasi diatas bisa menjadi gambaran buat kamu untuk mengolah makanan dengan teknik yang lebih sehat atau sesuai dengan kebutuhan memasak kamu. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Ayam
    Ayam Broiler Utuh Per Ekor
    Rating:
    80%
    20%
    Regular Price Rp 43.500 Special Price Rp 34.900
    Quickview
  2. Yoa
    Sayur Lodeh Pak
    Rp 15.250
    Quickview
  3. Ikan
    Ikan Saba (mackerel) 500gr
    15%
    Regular Price Rp 50.000 Special Price Rp 42.500
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi