7 Tips Makan Barbeque Sehat dan Aman

Menikmati makan daging barbeque bersama keluarga atau orang terdekat sampai sekarang masih menjadi tren di Indonesia. Bukan sekedar jenis makanan dagingnya yang nikmat tetapi pengalaman makannya juga. Meski menjadi makanan yang khas dan selalu ada saat perayaan malam tahun baru, perlu diketahui bahwa menyantap menu bakaran mungkin berisiko bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Namun, kamu tidak perlu cemas. Dari hellosehat.com, berikut tips sehat dan aman makan barbeque. Supaya momen makan barbeque kamu jadi lebih sehat.

1. Memilih makanan pembuka
Sebelum mengonsumsi makanan utama, alangkah baiknya jika kamu memilih makanan pembuka yang ringan terlebih dahulu. Selain mengisi waktu, makanan pembuka dapat mencegah kamu makan berlebihan. Beragam jenis sup bisa jadi pilihan.

 

2. Pilih jenis daging yang menyehatkan
Pilihlah daging yang lebih sehat seperti dada ayam tanpa kulit atau ikan. Ikan berlemak seperti salmon atau dori bahkan memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Ketika memilih potongan daging, carilah daging yang rendah lemak. Carilah keterangan "loin", "round", "choice" atau "select". Hindari potongan daging yang memiliki keterangan "prime", sebab potongan ini biasanya lebih banyak mengandung lemak.

 

3. Atur porsinya
Porsi daging yang menyehatkan yaitu 85 gram atau kira-kira sebesar telapak tangan (tanpa jari-jari). Sementara itu, batas asupan daging sebaiknya tidak lebih dari 170 gram dalam sekali makan.Angka tersebut tampaknya kecil, tapi penting mengingat konsumsi daging merah yang berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan kanker. Jika masih lapar, jangan lupa bahwa Anda masih punya makanan pendamping.

 

4. Pilih makanan pendamping yang menyehatkan
Siapkan makanan pendamping yang juga menyehatkan. Hidangan ini tidak hanya memperkaya rasa, tapi juga membuat kamu kenyang dan memberikan tubuh zat gizi yang bermanfaat. Ada banyak pilihan makanan pendamping untuk barbeque, diantaranya jagung, jamur, bawang bombai, paprika, dan kentang.

 

5. Potong dan marinasi daging sebelum membakarnya
Potonglah daging menjadi ukuran yang lebih kecil atau tipis. Trik ini akan membuat daging lebih cepat matang sehingga Anda tidak banyak mendapatkan bagian daging yang hangus. Kemudian, balurkan bumbu dan saus marinasi hingga merata. Potongan daging rendah lemak biasanya lebih mudah menjadi alot karena tidak ada cukup lemak yang menjaga kelembabannya. Bumbu marinasilah yang akan membuat daging tetap lembut.

 

6. Jangan lupa tambahkan sayur
Pastikan tidak hanya ada daging dalam pesta BBQ Anda, tapi juga sayuran. Pilihlah sayuran yang bervariasi dan dapat menambah rasa, seperti selada, paprika, zukini, atau apa pun yang kamu suka. Sayuran tinggi akan serat, tapi juga rendah kalori. Mengonsumsi sayuran ketika pesta barbeque akan membuat kamu lebih cepat merasa kenyang. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan makan secara berlebihan.

 

7 Jangan membakar daging terlalu lama.
Pembakaran daging dengan suhu tinggi dapat menyebabkan pembentukan heterocyclic amine (HCA) dan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAH). Keduanya merupakan zat karsinogenik (karsinogen) yang dapat meningkatkan risiko kanker. Beberapa tips dibawah ini dapat mengurangi pembentukan HCA dan PAH sehingga kamu bisa makan barbeque dengan aman :

  • Jangan membakar daging terlau lama
  • Jangan makan bagian daging yang sudah hangus
  • Sering-seringlah membalik daging saat memanggangnya
  • Pastikan alat panggang (grill) yang akan dipakai sudah bersih

Nah, itulah tips makan barbeque yang aman dan sehat yang bisa kamu lakukan ketika akan melakukan pesa barbeque di rumah. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

2 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Carin
    Carin Multi Grill Pan 63.5 X 27_1c8p
    7%
    Regular Price Rp 233.500 Special Price Rp 219.000
    Quickview
  2. Ayam
    Chicken Kebab 300gr
    Rp 22.800
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

2 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi