Resep Kue Bulan Khas Imlek Ala Rumahan

Perayaan terbesar kedua bagi warga Tionghoa setelah Imlek ini jatuh pada malam hari ke-15, yaitu Cap Go Meh. Dan biasanya, salah satu makanan yang nggak pernah absen adalah kue bulan alias moon cake. Kue ini biasa diisi dengan pasta dari kacang atau biji teratai dan kuning telur asin, kemudian dicetak dengan berbagai motif ukiran khas Tiongkok yang cantik.

Kue bulan ini bukan hanya sekedar makanan. Bagi masyarakat Tionghoa kue bulan ini sarat akan makna dan filosofi yang kuat. Buat kamu yang ingin mencoba membuat sendiri kue bulan di rumah. Bisa langsung ikuti resep dibawah ini:

Bahan-bahan :
300 gr pasta tausa (pasta kacang manis) siap pakai

Bahan kulit :
175 gr golden syrup, siap pakai
50 gr minyak bunga matahari
1 butir kuning telur
5 gr susu bubuk
175 gr tepung protein tinggi
75 gr tepung terigu serbaguna
⅛ sdt soda kue

Bahan olesan, aduk rata :
1 butir kuning telur
50 ml susu cair

 

Cara membuat :
1. Kulit : dalam sebuah wadah, tuangkan golden syrup dan minyak bunga matahari, aduk rata. Tambahkan kuning telur aduk rata.

2. Masukkan susu bubuk, tepung protein tinggi, tepung terigu serbaguna, dan soda kue. Aduk hingga rata. Masukkan dalam wadah tertutup, simpan dalam kulkas selama 1 jam.

3. Siapkan cetakan untuk ukuran 50 gr. Taburi dengan tepung. Sisihkan.

4. Bagi pasta tausa menjadi 30 gr serhingga mendapatkan 10 bagian. Bulatkan. Sisihkan.

5. Timbang kulit masing-masing 25 gr. Pipihkan 1 bagian adonan kulit, letakkan 1 bagian isi di tengahnya. Bungkus hingga rapat dan bulatkan. Masukkan ke dalam cetakan, tekan secara merata adonan dalam cetakan agar motif cetekan terbentuk sempurna, lalu keluarkan dari cetakan. Ulangi hingga bahan habis.

6. Semprotkan dengan air permukaan kue. Panggang dengan suhu 160º Celcius selama 5 menit dengan api atas bawah. Keluarkan, istirahatkan selama 8 menit.

7. Beri olesan di setiap bagian kulit. Panggang kembali dengan suhu 160º C selama 15 menit. Naikkan menjadi 200º C selama 7 menit. Keluarkan, sajikan.


Itulah resep kue bulan atau mooncake yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Selamat mencoba!

 

CARI INSPIRASI MENU LAINNYA, KLIK DISINI!

 

 

Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi