Lepas Dahaga Saat Berbuka dengan Es Buah Ala Hongkong

Setelah berpuasa sepanjang hari, memang paling enak berbuka dengan yang seger-seger, bener kan? Kira-kira, dessert segar apa yang cocok untuk menemani Yolers, berbuka? Bagi Yolers yang suka banget sama buah-buahan, wajib banget mencoba dessert lezat bernama Ximilu. Namanya mungkin masih terdengar asing di telinga. Namun, jika melihat tampilannya, pasti bikin suka dengan dessert yang satu ini.

Ximilu adalah dessert buah segar dari Hongkong yang mempunyai karakteristik hampir sama dengan es buah yang sudah sangat familiar di sekitar kita. Umumnya Ximilu berbahan baku buah-buah segar seperti semangka, mangga, melon, alpukat, stroberi, anggur. Selain itu, terdapat juga jeli yang dibentuk. Perbedaannya Ximilu tidak menggunakan santan atau susu, melainkan bubuk krim yang didinginkan di dalam kulkas.

Jika ingin mencobanya, gak perlu bingung harus cari dimana. Karena Ximilu bisa dibuat sendiri di rumah. Cara membuatnya juga sangat mudah. Penasaran? Simak resep lengkapnya dibawah ini!


Bahan kuah :
100 gr krimer bubuk
1 liter air kelapa/ air matang
75 gram gula pasir

Buah/pelengkap sesuai selera :
Semangka, potong dadu
Anggur, belah dua
Mangga, potong dadu
Alpukat, potong dadu
Stroberi, belah dua
Kelapa muda
Sagu mutiara
Puding jelly/cincau

Cara membuat :
1. Campur krimer, gula, dan air kelapa, kemudian masak sampai mendidih dan gula larut. Angkat dan biarkan sampai uap panas hilang.
2. Masukkan kuah ke dalam lemari es minimal 4 jam atau biarkan selama semalaman.

Cara penyajian :
1. Campur semua bahan, aduk rata. Diamkan di dalam kulkas selama 1-2 jam.
2. Es buah ximilu siap dihidangkan


Dengan bahan-bahan yang menyehatkan pasti dessert ini akan menjadi hidangan favorit keluarga yang selalu dinanti. Selamat mencoba!

 

CARI INSPIRASI MENU LAINNYA, KLIK DISINI

Tampilkan Susun Daftar

8 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

8 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi