Es Kopyor Sintetis Cocopandan

Tak terasa bulan Ramadhan tahun ini hanya tinggal menghitung hari saja. Salah satu yang unik ketika ibadah puasa tiba adalah keberadaan takjil untuk berbuka. Bicara mengenai takjil, ada satu minuman yang tak boleh dilewatkan untuk membatalkan puasa dan melepas dahaga, yaitu es kopyor. Minuman satu ini memang begitu terkenal di berbagai daerah. Namun, tak ada yang mengetahui secara pasti es kopyor berasal dari daerah mana. Konon katanya orang-orang di Kebumen, Jawa Tengah yang pertama kali menjual minuman lezat ini. Sampai sekarang kopyor kerap muncul dan jadi salah satu menu favorit orang-orang berbuka.

Es kopyor menjadi menu wajib bagi sebagian masyarakat Indonesia saat bulan Ramadhan sebab minuman ini tidak cuma menyegarkan tapi juga bisa mengurangi rasa lapar karena adanya agar-agar di dalamnya. Nah, dari pada penasaran ikuti langsung resep lengkap membuat es kopyor sintetis cocopandan dibawah ini!


BAHAN- BAHAN :

  • 2 bungkus bubuk agar-agar putih (bisa pakai rasa kelapa muda)
  • 1500 ml santan dari setengah butir kelapa tua
  • 1/2 sdt garam
  • Es batu bongkahan besar

Pelengkap :

  • Sirop merah rasa cocopandan secukupnya
  • Es batu secukupnya, memarkan atau serut


CARA MEMBUAT:

1. Campur agar-agar dengan santan dan garam. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat, biarkan hingga uap panasnya hilang.

2. Siapkan wadah atau baskom besar. Letakkan bongkahan es batu di atasnya.

3. Tuang adonana agar-agar sedikit demi sedikit di atas es batu hingga membantu gumpalan kecil seperti kelapa kopyor. Lepaskan dari es batu, kumpulkan dalam satu wadah.

4. Sajikan kopyor sintetis dengan sirop cocopandan dan es batu.


Tips : Untuk mendapatkan rasa yang lebih segar dan nikmat bisa ditambahkan potongan-potongan buah seperti mangga, alpukat, buah naga sesuai selera.


Nah, itulah resep lengkapnya yang bisa kamu coba dirumah untuk di sajikan saat berbuka puasa nanti. Selamat mencoba!

 

CARI INSPIRASI MENU LAINNYA, KLIK DISINI!

 

 

Tampilkan Susun Daftar

2 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

2 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi