Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Konsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sebab sayur dan buah merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat. Peran dari vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya sebagai antioksidan yang mampu menangkal senyawa jahat dalam tubuh.

Sudah tahukah Yolers, kalau setiap warna buah dan sayur yang kita konsumsi ternyata memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda-beda? Dirangkum dari beberapa sumber berikut manfaat buah dan sayur berdasarkan warnanya.

Merah
Warna ini melindungi jantung, menjaga stamina tubuh dari berbagai penyakit kanker. Selain itu, warna ini untuk mencegah pembekuan darah, menunda penuaan sel dalam tubuh. Buah dan sayur berwarna merah mengandung zat besi alami, vitamin A, karoten, likopen. Likopen merupakan zat yang membuat buah dan sayur berwarna merah dan termasuk dalam jenis antioksidan yang mampu mencegah terjadinya kanker. Untuk mendapatkan manfaat dari likopen ini, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang berwarna merah, serperti tomat, strawberry, semangka, ceri, paprika merah, apel.

Orange / Kuning
Buah dan sayur berwarna kuning atau orange ini menyimpan beta-karoten yang bisa diolah menjadi vitamin A oleh tubuh manusia. Vitamin A sendiri sudah terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan juga kulit serta memiliki aktivitas antioksidan yang baik. Buah dan sayur yang mengandung beta-karoten, yaitu pepaya, wortel, mangga, nanas, labu, ubi orange.

Hijau
Buah dan sayur yang kaya akan warna hijau berguna membantu proses pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia. Selain itu, warna hijau mengandung berbagai mineral untuk menjaga kadar PH tubuh. Sayuran hijau dapat memperkuat sistem imun tubuh, menghilangkan radikal bebas. Buah dan sayur berwarna hijau seperti kiwi, alpukat, bayam, brokoli, selada

Putih
Warna putih dalam buah dan sayur dapat mencegah sembelit, serta menurunkan risiko terkena hipertensi dan kolesterol. Terdapat pada buah pir, bawang putih, kembang kol, dan lainnya.

Buah dan sayuran berwarna putih kaya akan kandungan selulosa larut air yang membantu pergerakan usus besar sehingga meringankan kerja saluran pencernaan. Buah dan sayuran putih mengandung banyak karbohidrat sehingga menjadi pemasuk utama energi dalam khususnya bagi otak dan sistem saraf pusat.

Ungu
Antioksidan merupakan senyawa ampuh yang bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Dalam buah dan sayur, ternyata ada zat alami bernama antosianin yang memiliki kemampuan untuk mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, dan mencegah penyakit kardiovaskuler. Antosianin ini bisa ditemukan pada buah dan sayur yang berwarna ungu. Senyawa inilah yang memberi warna ungu pada tanaman. Beberapa contoh adalah blueberry, blackberry, bit, ubi ungu, kubis ungu, dan sebagainya.

Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Sunpride
    Sunpride Nanas Honi Pcs
    Rp 26.950
    Quickview
  2. Sayur
    Brokoli 400gr
    Rp 22.600
    Quickview
  3. Sayur
    Tomat Beef 500gr
    Rp 16.250
    Quickview
  4. Pear
    Pear Golden 1000gr
    Rp 48.500
    Quickview
  5. Sayur
    Ubi Cilembu 1000gr
    10%
    Regular Price Rp 22.250 Special Price Rp 20.050
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi