Makna Dibalik Pernak-Pernik Natal Yang Harus Diketahui

Perayaan Hari Natal tinggal menghitung hari. Biasanya kebanyakan orang yang merayakan berupaya untuk menghias pohon Natal. Ada berbagai ornamen dan pernak-pernik yang mereka sematkan ke pohon Natal. Tetapi siapa sangka jika ada banyak makna dan alasan di balik menghias pohon Natal tersebut.

Pohon Natal biasanya dihias dengan warna-warna cerah dan lampu sehingga akan menunjukkan kehidupan. Alasan lain, pohon Natal semula dihias untuk menarik pengunjung saat pameran Natal di mana pedagang menjual hadiah, makanan dan barang-barang lainnya di hari-hari menjelang hari besar Natal.

Lalu apa saja hiasan yang ada di pohon Natal? Berikut macam hiasan beserta maknanya yang mimin lansir dari beberapa sumber.

1. Bintang Natal
Pernak-pernak Natal yang selalu ada di pohon Natal, yaitu bintang. Aksesoris bintang ini sering diletakkan pada bagian puncak pohon yang merupakan simbol kota Betlehem sebagai simbol pemimpin yang bijaksana.

 

2. Topi Santa Claus
Topi berbentuk kerucut dan berwarna merah ini biasanya juga menjadi pernak-pernik Natal saat hari Natal tiba. Mengapa disebut dengan topi Santa Claus?. Filosofi Santa Claus memiliki arti tentang rezeki dari Sang Pencipta. Tradisi ini lahir dari St. Nicholas yang disebut sebagai pria murah hati serta dermawan.

 

3. Lonceng
Pohon Natal tidak lebih indah jika tidak dilengkapi berbagai macam lonceng. Lonceng pada pohon Natal digambarkan sebagai lambang kegembiraan dan keceriaan. Ketika lonceng-lonceng dibunyikan, maka kumandangnya menyemarakan seluruh bumi. Itulah mengapa kemudian lonceng selalu menjadi pernak-pernik wajib untuk menghiasi pohon Natal dan sudut lain dalam rumah.

 

4. Kaos Kaki Natal
Menurut jejak sejarah, dahulu ia melemparkan koin emas ke dalam kaos kaki milik ketiga orang wanita yang menggantungkannya di perapian. Pada saat itu, wanita-wanita tersebut membutuhkan uang sebagai mas kawin dan menjauhkan diri dari pelacuran. Dari situlah tradisi menggantung kaus kaki mulai diterapkan hingga sekarang. Hiasan ini pun secara tidak langsung memberi semangaat bagi seluruh umat agar selalu berbuat baik demi bisa menikmati kegembiraan saat Natal tiba.

 

5. Kado Natal
Tak sempurna rasanya bila di bawah pohon Natal tidak ada sebuah kado. Meskipun anak-anak sangat menunggu tradisi ini tiap tahunnya, namun perayaan Natal mempunyai makna kasih sayang yang pas bila diungkapkan melalui kado. Kado ini juga merupakan perwujudan dari berkat yang telah diberi kepada umat manusia, maka harus dibungkus dengan rapi dan indah pula. Pagi harinya setelah misa, setiap orang yang merayakan Natal akan berkumpul untuk membuka kadonya satu per satu.

 

6. Lingkaran Karangan Bunga
Karangan bunga Natal mewakili cinta dan menunjukkan bagaimana kemurahan Tuhan.

 

7. Warna Pada Pohon Natal
Merah adalah darah Yesus yang ditumpahkan. Perak dan emas sebagai simbol rezeki. Hijau adalah untuk pohon-pohon dan tanaman yang Tuhan ciptakan karena telah menyediakan makanan.

 


Nah, itulah beberapa pernak-pernik Natal dan maknanya yang perlu kamu tahu. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu, ya! Jangan lupa kamu juga bisa membeli berbagai pernak-pernik Natal di Yogya Online. Semoga bermanfaat!

 

 

We can't find products matching the selection.
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi