Kamu Perlu Tahu: Hari Tanpa Bayangan 2020, Bersiap Menghadapi Cuaca Panas

Badan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan akan terjadi fenomena hari tanpa bayangan atau hari kulminasi di Indonesia yang dimulai sejak 7 September 2020 sampai pertengahan Oktober 2020. Khusus kota-kota yang ada di pulau Jawa, menurut data BMKG akan terjadi pada bulan Oktober. Rata-rata fenomena hari tanpa bayangan akan berlangsung pada pukul 11.00 sampai 12.30 siang.

Hari tanpa bayangan adalah fenomena yang disebut dengan istilah kulminasi utama. Sementara kulminasi merupakan fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Ketika fenomena kulminasi utama terjadi, Matahari akan tepat berada di atas kepala. Kondisi tersebut menyebabkan bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Itulah mengapa fenomena kulminasi utama juga disebut sebagai hari tanpa bayangan.

Dampak dari adanya fenomena tersebut yaitu suhu akan menjadi lebih panas dari biasanya terutama pada waktu siang hari. Selain itu, kelembapan udara juga akan mengalami penurunan. Menurut Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklan dan Kualitas Udara BMKG, Siswanto, yang termuat dalam Kompas.com menyebutkan ketika Matahari tegak lurus diatas permukaan Bumi, maka sudut datangnya sinar Matahari yang jatuh akan lebih besar. Ketika sudut datangnya lebih besar, maka intensitas sinar Matahari jadi jauh lebih besar dari biasanya. Itu yang menyebabkan suhu jadi lebih tinggi.

Dari adanya perubahan cuaca tersebut akan berdampak pada kesehatan, seperti dehidrasi, iritasi kulit, sistem imun menurun, hingga bisa memicu risiko kerusakan pada otak dan jantung. Oleh karena itu, kita harus melakukan antisipasi agar kesehatan tetap terjaga. Selain dampak kesehatan, perubahan cuaca juga bisa mempengaruhi perilaku manusia.

Untuk mencegah gangguan kesehatan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Untuk kamu yang selalu beraktivitas di luar ruangan, pastikan selalu menggunakan tabir surya dengan kandungan S­PF minimal 30 di tubuh dan wajah secara berkala.
2. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya kandungan air seperti buah dan sayur, selain itu cukupi konsumsi air dengan minimal delapan gelas sehari.
3. Jika tidak ada keperluan yang mendesak usahakan untuk tetap di rumah, terutama ketika waktu siang hari. Jika mendesak gunakan pelindung tambahan seperti topi dan kacamata hitam untuk melindungi tubuh dari efek negatif sinar matahari.

We can't find products matching the selection.
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi