Fakta Unik: Terlalu Lama Duduk Beresiko Membuat Pembuluh Darah Tersumbat

Pembuluh darah merupakan organ menyerupai selang yang terdapat di seluruh tubuh, mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala. Fungsi utama pembuluh darah adalah mengatur tekanan darah dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah bisa menyempit atau melebar sesuai kebutuhan darah dalam tubuh. Hal ini terjadi karena pengaruh aktivitas otot dan saraf pada dinding pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah dapat terjadi secara alami saat mengatur pasokan darah dan tekanan darah pada bagian tubuh tertentu. Pembuluh darah juga bisa menyempit ketika kamu berada di tempat yang dingin atau ketika suhu tubuh menurun secara drastis. Ketika terjadi penyempitan pembuluh darah, pasokan darah menjadi lebih lambat, namun tekanannya menjadi lebih besar.

Penyempitan pembuluh darah sering dikaitkan dengan penyakit tertentu, seperti penyakit jantung. Padahal, ada hal atau kondisi lain yang juga bisa menjadi penyebab terjadinya penyempitan pembuluh darah. Salah satunya adalah duduk terlalu lama. Tantangan untuk orang yang bekerja di perkantoran adalah jarang bergerak. Menghabiskan waktu normal kerja dengan duduk di kursi, apabila dilakukan terus menerus tidak baik karena akan menghambat aliran darah.

Berikut yang bisa kamu lakukan saat duduk terlalu lama agar tidak terjadi penyumbatan pembuluh darah, seperti dikutip dari Brightside.me:

1. Putar pergelangan kaki
Jika kamu terlalu lama duduk, aliran darah di kaki akan menjadi lemah. Kalau tidak memungkinkan untuk berjalan, dengan kamu memutar-mutar pergelangan kaki, sirkulasi darah di area kaki akan meningkat.

2. Hindari menyilangkan kaki
Hindari kebiasaan menyilangkan kaki ketika duduk, terutama untuk waktu yang lama, karena beresiko tinggi terhadap pembekuan darah. Sering-seringlah mengubah posisi duduk dan jangan menekan kaki, yang paling penting kamu harus merasa nyaman saat duduk.

3. Kenakan pakaian longgar
Hindari penggunaan pakaian ketat, misalnya skinny jeans yang sangat buruk untuk sirkulasi darah. Lebih baik gunakan celana panjang yang sedikit longgar yang bisa membuat pergerakan kaki jauh lebih nyaman, untuk mendorong sirkulasi darah agar lebih sehat dalam tubuh.

4. Jangan terlalu lama mengemudi
Untuk yang berprofesi sebagai sopir, pasti sering menghabiskan waktunya untuk mengemudi. Jika kamu akan berkendara dengan waktu yang lama, pastikan istirahat yang cukup dan teratur. Saat istirahat keluarlah dari kendaraan untuk meregangkan tubuh dan berjalan-jalan.

Selain cara diatas, adapula makanan yang bisa menyehatkan pembuluh darah:

1. Makanan untuk meningkatkan nitrit oksida
Nitrit oksida berfungsi merilekskan otot dinding pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Asupan ini bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah sel darah menempel satu sama lain. Hasilnya, nitrit oksida mampu menguatkan pembuluh darah dan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Cara meningkatkan kadar nitrit oksida dalam tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam amino dan nitrat seperti ikan, sayuran berdaun hijau, bawang, gandum utuh, dan buah (terutama semangka).

2. Makanan kaya antioksidan
Khususnya antioksidan flavonoid yang banyak ditemukan pada buah beri, apel, anggur, dan cokelat hitam. Nutrisi ini bertugas memperbaiki fungsi pembuluh darah, salah satunya dari kekakuan. Antioksidan bisa ditemukan dalam makanan sumber vitamin E seperti kacang-kacangan, bayam, brokoli, lobak hijau, mangga, tomat, alpukat, dan minyak bunga matahari. Vitamin E bertugas melindungi lipoprotein dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

3. Makanan yang menurunkan homosistein
Tingginya kadar homosistein dalam tubuh meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah. Pasalnya homosistein berpotensi merusak endotelium dan meningkatkan risiko penggumpalan darah. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sumber asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12. Ketiganya punya peran yang sama, yakni mengurangi kadar homosistein dalam darah. Kamu bisa mendapatkannya dengan konsumsi sayuran berdaun hijau, pisang, kentang, ayam, dan konsumsi produk hewani lainnya.

Tampilkan Susun Daftar

4 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Greenfield
    Greenfield Kangkung 250gr
    Rating:
    100%
    Rp 10.750
    Quickview
  2. Sunpride
    Sunpride Pisang Cavendish 1000gr
    29%
    Regular Price Rp 27.450 Special Price Rp 19.500
    Quickview
  3. Ayam
    Ayam Broiler Utuh Per Ekor
    Rating:
    80%
    20%
    Regular Price Rp 43.500 Special Price Rp 34.900
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

4 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi