Fakta Unik Jagung, Makanan Populer Untuk Menikmati Pergantian Tahun

Sebagai salah satu komoditas utama dunia, jagung sangat digemari masyarakat. Bahkan jagung digadang-gadang bisa menjadi pengganti beras di masa depan.

Namun, tahukah kamu selain sebagai sumber karbohidrat, jagung ternyata memiliki beberapa fakta unik. Seperti yang di rangkum dari beberapa sumber adalah sebagai berikut :

1. Jagung tidak bisa hidup di dalam air tanpa perawatan manusia
Jagung seperti yang kita tahu tidak ada di alam liar, karena jagung itu sendiri adalah penemuan murni manusia. Rumput liar yang dikenal sebagai Tieosinte yang berasal dari Meksiko selatan ini, diyakini sebagai nenek moyang jagung.

Sekitar 10.000 tahun yang lalu, petani purba mulai memilih tanaman tieosinte yang memiliki kerne (biji) yang lebih besar dan lebih lezat, kemudian menanam kembali tanaman berkualitas lebih tinggi ini dari tahun ke tahun. Hal ini secara alami mengembangkan tanaman dengan tongkol yang lebih besar. Tanaman pertama yang tampak seperti jagung muncul sekitar 7.000 tahun yang lalu.

Jagung menjadi tanaman yang populer di seluruh Amerika Utara dan Selatan dan kemudian menyebar ke sebagian besar bagian dunia lainnya. Tetapi sampai hari ini, jagung hanya bisa bertahan jika manusia memupuk dan merawatnya.

2. Jagung digunakan untuk produksi etanol yang digunakan sebagai bio-fuel. Etanol tidak menyebabkan polusi udara seperti bahan bakar konvensional.

3. Ada lebih dari 3.500 penggunaan yang berbeda untuk jagung
Kamu mungkin akrab dengan banyak cara jagung digunakan dalam makanan. Jagung bisa diproses menjadi bahan seperti sirup jagung, tepung jagung, minyak jagung, dan tepung jagung ditambahkan ke sejumlah besar produk makanan komersial, mulai dari es krim hingga minuman ringan hingga permen karet.

4. Senyawa yang diekstrak dari jagung yang digunakan dalam produksi plastik, karet, pelarut dan kain.

5. Satu hektar jagung menghilangkan 8 ton karbon dioksida dari udara. Karena itu, jagung merupakan salah satu tanaman yang paling penting ketika datang ke pembersihan udara.

6. Meskipun memiliki lebih banyak gula daripada jenis jagung lainnya, jagung manis berukuran sedang hanya mengandung 6 gram gula, yang artinya lebih sedikit dari kebanyakan gula yang ada pada buah lainnya.

7. Jagung sarat dengan lutein dan zeaxanthin, fitokimia yang dapat meningkatkan penglihatan. Jagung mengandung serta tidak larut yang dapat membantu memberi makan bakteri baik di usus, serta dapat menyehatkan pencernaan. Bukan hanya itu, jagung juga mengandung vitamin seperti vitamin B, C, dan mineral seperti zat besi, kalium, dan magnesium. Jagung juga merupakan sumber protein yang layak, dengan satu jagung berukuran sedang mengandung 3,3 gram protein sederhana.

Selain rasanya yang enak, ternyata jagung memiliki banyak manfaat dan fakta unik yang selama ini belum banyak diketahui. Semakin tahu, maka semakin pintar. Jadi kepoin terus fakta-fakta unik di blog Yogya Online.

Tampilkan Susun Daftar

11 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Sayur
    Sweet Corn 1000gr
    15%
    Regular Price Rp 19.250 Special Price Rp 16.363
    Quickview
  2. Yoa
    Jagung Semi 200gr
    Rp 13.250
    Quickview
  3. Sayur
    Jagung Manis Kulit 1kg
    15%
    Regular Price Rp 17.950 Special Price Rp 15.258
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

11 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi