Fakta Unik dan Jenis Kurma Yang Jarang Diketahui

Kurma merupakan buah yang banyak ditanam di Timur Tengah. Daging buah kurma lembut dengan cita rasa manis. Selain itu terdapat banyak zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Buah kurma yang wajib disajikan saat bulan Ramadan ternyata memiliki banyak fakta menarik dibaliknya. Langsung aja simak faktanya dibawah ini!

1. Kurma Memiliki Banyak Jenis
a. Kurma Medjool
Kurma ini asalnya dari Arizona, Amerika Sertikat. Warnanya cokelat muda dan daging buahnya cukup tebal. Kurma ini pun memiliki julukan 'Raja Kurma'. Ukurannya bisa mencapai 10-15 cm. Rasanya sudah tentu lezat apalagi ada aroma harum manis yang sangat khas. Bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, mengatur tekanan darah, meningkatkan imunitas tubuh, hingga mengurangi kolesterol.

b. Kurma Ajwa (Kurma Nabi)
Kurma Ajwa atau kurma Nabi ini hanya tumbuh di Madinah, Arab Saudi. Warnanya cokelat pekat bahkan cenderung hitam. Tekstur dari kurma ini sangat lembut dan mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk tubuh, diantaranya protein, karbohidrat, serat, lemak, vitamin, serta mineral.

c. Kurma Sukkari
Kurma ini sering disebut sebagai 'Ratu Kurma' karena harganya yang terbilang mahal. Kurma Sukkari banyak ditanam dan dibudidayakan di Mekkah, Arab Saudi. Warna dari kurma ini juga lebih terang dari kurma lainnya. Bentuknya besar dan cenderung pendek. Kurma Sukkari juga bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat menambah stamina pada pria.

d. Kurma Khalas
merupakan salah satu jenis kurma yang sering disebut sebagai superfood karena memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. Bahkan di Timur Tengah dan Afrika, kurma Khalas dikonsumsi sehari-hari. Kurma ini juga disebut sebagai jenis kurma yang rasanya paling nikmat. Kurma ini dapat digunakan sebagai buah yang dapat mengontrol kolesterol jahat. Selain itu dapat meningkatkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

e. Kurma Bam
Satu lagi jenis kurma yang banyak dicari dan populer di Indonesia yaitu kurma Bam. Kurma Bam biasa juga disebut dengan kurma madu atau kurma anggur. Kurma ini banyak tumbuh di Iran dan banyak juga yang menyebutnya dengan kurma Iran. Sekilas kurma Bam mirip dengan kurma Ajwa hanya saja teksturnya lebih lembut dan rasanya lebih manis. Bentuknya juga lebih besar dari kurma Ajwa.

2. Buah yang Awet dan Tahan Lama
kurma merupakan buah yang masa kadaluarsanya paling lama. Jika buah-buahan lain setelah masak jika tidak dimakan dalam waktu tertentu akan busuk, maka kurma bisa bertahan hingga 1 tahun lamanya. Karena kurma memiliki kandungan air yang sedikit, maka tidak heran jika kurma merupakan buah yang awet dan tahan lama.

3. Meski Manis tapi Jarang Dikerubungi Semut
Kandungan kurma hampir sama dengan kandungan madu asli yang jarang dihinggapi semut meskipun berada di tempat terbuka.

4. Tiga Butir Kurma Setara Dengan Satu Piring Nasi
Kandungan zat gula dan kalori yang besar dari kurma dipercaya bisa mengisi kembali energi yang hilang setelah berpuasa. Saat disantap ketika sahur, tiga buah kurma setara dengan satu piring nasi agar kebutuhan tubuh akan energi dan tenaga bisa terpenuhi.

5. Menormalkan Kadar Gula Darah dan Menurunkan Kolesterol
Kurma dipercaya bisa menormalkan kadar gula darah yang tidak stabil akibat kurangnya asupan makanan setelah berpuasa. Selain itu, bisa menurunkan kolesterol ketika asupan makanan yang masuk dalam tubuh saat berbuka puasa diisi dengan berbagai macam makanan.

Nah itulah fakta dan manfaat kurma. Jika sudah tahu maka tak ada alasan lain untuk tidak menyantap kurma saat berbuka dan sahur di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

2 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Kurma
    Kurma Premium Curah 500gr
    Rating:
    100%
    23%
    Regular Price Rp 34.200 Special Price Rp 26.400
    Quickview
  2. Kurma
    Kurma Tunisia 500gr
    18%
    Regular Price Rp 19.100 Special Price Rp 15.750
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

2 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi