Fakta Unik: 5 Jenis Makanan Untuk Menjaga Usus Tetap Sehat

Baru-baru ini kita dikejutkan dengan meninggalnya salah satu aktor serial film Marvel, Chadwick Boseman sang Black Panther karena penyakit kanker usus. Usut punya usut, ternyata sang aktor telah mengidap penyakit tersebut sejak lama. Hal ini membuktikan bahwa kesehatan usus sangatlah penting untuk dijaga.

Usus yang tidak sehat bisa menyebabkan kembung, sembelit atau bahkan diare. Kondisi ini dapat mengakibatkan tubuh kita jadi tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Kesehatan usus sangatlah penting karena mencakup hampir setiap aspek dari tubuh kita termasuk berat badan, metabolisme, peradangan serta fungsi otak, namun sangat sulit untuk mengukur tingkat kesehatannya. Pada dasarnya ada cara yang efektif untuk menjaga kesehatan usus, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang menunjang untuk usus agar sehat adalah yang mengandung banyak serat alami, dan jenis-jenis makanannya akan dipaparkan dibawah.

1. Sayuran hijau
Serat dari sayuran hijau berfungsi untuk membersihkan usus dari racun dan kotoran yang menempel di dinding usus.

2. Chia seed
Makanan yang saat ini sedang populer untuk diet karena bermanfaat untuk detoks pencernaan. Karakter rasa chia seed yang cenderung hambar membuat makanan ini kurang menarik untuk disantap, untuk mengimbangi rasa hambarnya sebaiknya campurkan dengan jenis makanan lainnya seperti yogurt atau oatmeal.

3. Makanan yang difermentasi
Mengandung bakteri menguntungkan yang bermanfaat untuk mendukung usus mengeluarkan kotoran dari asupan makanan yang tidak sehat dalam tubuh. Makanan ini cenderung memiliki rasa yang sedikit asam. Contoh makanannya adalah yogurt, kimchi dan tape.

4. Buah-buahan
Fungsi utama dari buah-buahan adalah membersihkan usus dan mencegah perkembangan racun di dinding usus. Buah-buahan yang dianjurkan adalah yang mengandung vitamin C serta antioksidan tinggi, seperti lemon, jeruk, kiwi, pepaya, dll.

5. Air putih
Air putih berfungsi untuk menghidrasi usus. Usus yang dehidrasi secara terus menerus dapat menyebabkan sembelit, kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan racun dalam usus besar. Maka dari itu kita harus mencukupi kebutuhan air setiap harinya dengan minum minimal 2.5 liter air.

Makanan di atas sebaiknya tersedia di rumah dan menjadi menu wajib harian agar usus kamu selalu dalam kondisi sehat. Kamu juga bisa membeli produk tersebut dibawah.

Tampilkan Susun Daftar

10 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Pepaya
    Pepaya California 1500gr
    15%
    Regular Price Rp 23.200 Special Price Rp 19.720
    Quickview
  2. Jeruk
    Jeruk Lemon 325gr
    Rating:
    40%
    14%
    Regular Price Rp 8.750 Special Price Rp 7.600
    Quickview
  3. Yoa
    Yoa Botol 1500 Ml_1c12p
    20%
    Regular Price Rp 3.950 Special Price Rp 3.160
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

10 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi