Fakta Menarik Baby Oil untuk Perawatan Kendaraan

Perawatan rutin kendaraan, baik mobil atau motor sebenarnya relatif mudah. Bahkan, dengan perlengkapan kosmetik sehari-hari bisa membuat tampilan kendaraan tetap menarik dan terawat. Salah satu contohnya yaitu baby oil untuk perawatan kendaraan. Pelembab yang diperuntukkan untuk merawat kulit bayi ini ternyata dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan ringan kendaraan. Cairan ini memang serba guna, mulai dari mengusir kotoran, sampai mencegah kusam. Konon baby oil ternyata memiliki bahan yang aman untuk cat kendaraan. cairan ini memiliki sifat pelembab yang mampu mencegah kusam dan getas pada material seperti karet dan plastik.

Lantas apa saja fakta baby oil yang bermanfaat untuk kendaraan? Yuk, simak dibawah ini!

1. Baby oil bisa untuk merawat karet pintu dan wiper
Kandungan pelembab yang ada pada baby oil bisa mencegah getas pada karet. Ini sangat bermanfaat untuk bahan karet pada mobil, seperti karet pintu, wiper, dan sebagainya. Pada karet pintu, baby oil membuat kekenyalannya bisa lebih awet. Sementara itu untuk wiper, periode penggantian pun bisa lebih panjang saat musim kemarau dan tentu biaya perawatan akan lebih hemat. Kamu bisa oleskan baby oil pada karet wiper setelah dicuci atau sebelum bepergian. Kamu tidak perlu cemas soal kandungan kimia pada baby oil karena tidak berbahaya untuk karet mobil.

 

2. Membersihkan dashboard dan panel interior
Interior mobil menjadi salah satu identitas utama suatu mobil, yang memancarkan kesan nyaman sekaligus berkelas. Panel-panel dan trim yang bersih mengkilap tentu enak dipandang. Seiring waktu dan pemakaian, panel-panel interior bisa kusam dan tidak enak dilihat. Jangan cemas, coba bersihkan kembali panel dashboard dan trim berbahan plastik yang kotor dan kusam memakai baby oil. Cairan ini juga bisa digunakan membersihkan bagian panel dengan lapisan kulit atau aksen kayu. Peralatannya juga sangat mudah, hanya baby oil, lap microfiber dan tisu dalam melakukan proses pembersihan ini. Perawatan ini juga aman dan mudah hanya saja perlu sedikit cepat dibersihkan supaya tidak belang. Cairan baby oil ini akan menghilangkan bercak-bercak air dan menciptakan lapisan waterproof pada kulit atau panel kayu. Sebagai bonus, panel dashboard dan door trim akan beraroma wangi lembut dari baby oil.

 

3. Menutup retak pada spidometer
Cuaca yang berubah drastis, dari panas terik ke hujan deras dapat merusak eksterior kendaraanmu. Salah satu yang sering terjadi adalah membuat spidometer motor menjadi retak halus, dan membuatmu sulit memantau indikator kecepatan ataupun bahan bakar di motormu. Untuk mengembalikan spidometer yang retak adalah dengan mengoleskan baby oil. Caranya kamu cukup bersihkan spidometer terlebih dahulu. Lalu tuangkan baby oil pada bagian spidometer yang rusak. Ratakan secara perlahan, baby oil akan mengisi retak-retak halus pada spidometer. Setelah didiamkan beberapa saat spidometer motor kesayangan pun akan kembali mulus.

 

4. Membersihkan ruang mesin
Membersihkan ruang mesin tidak boleh sembarangan, karena pada ruang mesin banyak terdapat komponen elektrikal kendaraan yang tidak terlindungi dan mudah bermasalah jika terkena air bertekanan tinggi. Maka alternatif murah meriah, baby oil bisa jadi solusi. Cukup dengan lap basah yang dicampur sedikit baby oil dan keringkan dengan chamois. Usap baby oil utamanya pada panel berbahan plastik dan karet di mesin, seperti cover engine, selang radiator, dan sejenisnya. Baby oil berfungsi membuang kotoran dan membuat komponen mesin dari plastik atau karet tidak mudah kusam dan pecah-pecah.

 

5. Merawat cat matte atau doff
Cat matte atau doff pada mobil dan sepeda motor memunculkan kesan sangar dan tegas. Namun, permukaan cat doff ini rentan muncul bercak putih baik karena debu menempel ataupun sisa air yang tidak kering dibilas. Penampilan sangar dari cat matte atau doff bisa berubah jorok apabila bercak putih tersebut tidak segera disingkirkan.

Cukup oleskan baby oil ke seluruh permukaan body berwarna matte atau doff. Oleskannya pakai kain lap yang memiliki serat lembut. Teteskan baby oil pada permukaan lap kemudian oleskan secara merata dengan cara ditekan dan diputar, seperti melakukan compound. Kemudian sisa baby oil yang masih menempel pada body perlu di lap sampai bersih agar tidak tertempel debu dan kotoran dengan menggunakan kain lap baru yang masih kering. Dengan begitu, cat matte atau doff pada kendaraan kamu bisa kembali bersih dan bercak putih yang menempel hilang.


Itu dia 5 fakta baby oil yang bermanfaat untuk kendaraan kesayanganmu. Artikel ini mimin lansir dari carmudi.co.id. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

 

Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Johnson
    Johnson B Oil 125 Ml
    25%
    Regular Price Rp 29.150 Special Price Rp 21.900
    Quickview
  2. JAP
    Jap Pl Chamois
    Rp 17.900
    Quickview
  3. Kenmaster
    Kenmaster Plas Chamois
    Rp 26.200
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi