Fakta Beras Premium & Beras Medium Yang Harus Diketahui

Beras merupakan bahan makanan pokok yang sudah tentu dikonsumsi oleh semua masyarakat di Indonesia. Jenis beras memang sangat beragam dengan nama-namanya yang berbeda. Namun, biasanya beras secara umum dibagi menjadi dua, yaitu beras premium dan medium. Nah, bila Yolers tertarik untuk mengetahui tentang beras premium dan medium. Yuk simak selengkapnya di bawah ini !

1. Kekuatan beras
Setiap butiran beras pasti memiliki aspek ketahanannya tersendiri. Beras dengan kualitas medium cenderung jauh lebih rapuh dibandingkan dengan beras berstatus premium. Oleh sebab itu, tak heran bila banyak menemukan beras medium yang patah-patah.

 

2. Warna beras
Beras medium memiliki warna yang lebih semu (buram) dibandingkan dengan beras premium. Secara kasat mata memang tidak terlalu terlihat. Tapi kalau diperhatikan yang medium warnanya lebih semu sedangkan beras premium warnanya lebih terang (putih).

 

3. Soal citarasa
Penilaian enak tidaknya nasi biasanya didasarkan dari tekstur dan rasa. Ada beras yang pulen dan ada beras yang pera. Hal tersebut tergantung dari kadar amilosa, dimana beras pulen punya kandungan 17-25% sementara untuk beras pera di atas 25%. Beras premium sudah tentu pada saat dimasak akan menghasilkan tekstur yang jauh lebih pulen lebih enak, karena kadar airnya lebih sedikit dari pada beras medium.

 

4. Kebersihan beras
Layaknya membeli barang-barang lain, memperhatikan kebersihan merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan. Biasanya beras medium lebih umum memiliki kotoran-kotoran pada berasnya sehingga kamu harus ekstra dalam membersihkannya. Sementara, beras premium lebih bersih dari kotoran yang menempel.

 

5. Kandungan gizi
Pakar pangan menyebut tidak ada bedanya makan beras medium ataupun premium. Direktur South East Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center IPB, Prof. Dr. Nuri Andarwulan mengungkap kandungan gizi kedua beras tersebut. Berkurangnya kandungan gizi berhubungan dengan lamanya beras disimpan. Makin lama beras disimpan makin berkurang nutrisi didalamnya.

 

6. Harga beras premium dan medium
Beras premium punya kisaran harga lebih tinggi dibandingkan beras medium. Karakteristik yang sudah dibahas diatas dan pulennya nasi menjadi penentu tingginya harga beras premium. Siapapun akan tergiur dengan tampilannya yang putih bersih dan beraroma wangi setelah dimasak.

 

Nah itulah, beberapa fakta mengenai beras premium dan beras medium yang mimin lansir dari berbagai sumber, semoga dapat menjadi gambaran dalam menentukan jenis beras yang akan dikonsumsi untuk keluarga. Semoga bermanfaat !

Tampilkan Susun Daftar

3 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Weni Asih
    Weni Asih Sr 5kg_1c5p
    Rp 74.500
    Quickview
  2. Sari Pulen
    Sari Pulen Beras Jembar 5kg
    Rp 74.500
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

3 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi