DIY Homemade Gochujang Pasta Cabe Asal Korea

Gochujang adalah pasta cabai merah yang menjadi kondimen utama pada kuliner Korea. Bila ingin menikmati cita rasa khas Korea, rahasianya terletak pada pasta cabai merah ini. Pasta ini memberikan rasa pedas sedikit manis, dan beraroma khas untuk setiap hidangan asli Korea. Gochujang pada dasarnya merupakan perpaduan tepung ketan dan bubuk cabai yang dicampur dengan bahan lain, kemudian difermentasikan untuk memaksimalkan rasanya.

Kamu dapat membuat Gochujang sendiri dirumah dengan menggunakan 6 bahan, seperti yang mimin lansir dari resepimasakanlengkap.netlify.app.seperti apa cara membuatnya? Yuk, simak lebih lengkapnya dibawah ini :

 

BAHAN-BAHAN :

  • 3,5 Liter air (dituang sebagian-sebagian)
  • 150 gram tepung ketan
  • 750 ml madu
  • 200 gram garam kasar, sangrai (harus yang kasar)
  • 750 gram bubuk cabe, sangrai
  • 500 gr tempe

 

CARA MEMBUAT :

  1. Iris tempe tipis-tipis, sangrai sampai kering. Blender sampai halus. Ayak, blender lagi bagian yang masih kasar. Ulangi terus hingga habis.
  2. Tuang air dan tepung ketan, masak hingga mengental dan tidak ada yg menggumpal. Teksturnya yg benar adalah seperti adonan roti / slime. Pekat dan sangat kental (tuang airnya bertahap ya).
  3. Tuang adonan ketan kedalam baskom, tambahkan madu. Aduk hingga merata.
  4. Masukkan bubuk cabai, tepung tempe, dan garam. Aduk hingga merata dan memiliki tekstur pekat dan kental.
  5. Siapkan toples yang sudah bersih & steril. Masukkan ke dalam toples, taburi dengan garam kasar dan tutup rapat. Jemur di tempat terbuka yang terkena sinar matahari selama 3 hari.
  6. Setelah 3 hari, gochujang siap dipakai dan simpan ke dalam kulkas. Guchujang bisa tahan sampai 1 tahun didalam kulkas selama wadah steril dan isinya kering (tidak terkena air). Seiring berjalannya waktu, warna gochujang akan berubah menjadi gelap bahkan cenderung hitam, jangan khawatir karena itu bagian dari fermentasi, Justru semakin gelap semakin enak.

Dengan Homemade Gochujang ini selain rasanya mirip dan lebih ekonomis, makanan Korea buatan kamu pun pasti akan lebih terasa dan sangat sesuai dengan aslinya. Semoga bermanfaat !

Tampilkan Susun Daftar

4 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Yoa
    Yoa Cabe Bbk 45gr_1c12p
    10%
    Regular Price Rp 6.350 Special Price Rp 5.715
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

4 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi