;

Sumber Kafein Selain Kopi

Fakta Unik 11/09/2024
Ketika kata "kafein" disebutkan, kebanyakan orang langsung memikirkan kopi sebagai minuman utama yang mengandung kafein. Namun, kopi bukan satu-satunya minuman yang mengandung kafein. Terdapat berbagai pilihan minuman lain yang bisa dijadikan alternatif jika kamu bosan dengan kopi atau jika kamu memiliki kondisi seperti asam lambung yang membuat konsumsi kopi tidak disarankan terlalu sering. Berikut adalah beberapa minuman yang mengandung kafein yang bisa menjadi alternatif selain kopi:

1. Teh Hijau
Teh hijau merupakan minuman yang terkenal di Asia, terutama di Jepang, dan dikenal mengandung kafein. Selain kafein, teh hijau juga mengandung theanine yang dapat membantu mengurangi stres. Menurut El Sevier, kombinasi kafein dan theanine dalam teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak dan kognisi, serta mengurangi kecemasan. Kadar kafein dalam teh hijau bisa berkisar antara 30 hingga 50 mg per 240 mL, tergantung usia daun tehnya.

2. Minuman Berenergi
Minuman berenergi juga mengandung kafein yang dapat membantu meningkatkan energi, mood, dan kewaspadaan. Meskipun jumlah kafeinnya bervariasi tergantung merek, umumnya berkisar antara 50 hingga 505 mg. Selain kafein, minuman berenergi juga mengandung taurin, yaitu asam amino alami yang memiliki sifat antioksidan.

3. Minuman Cokelat
Biji kakao yang menjadi bahan dasar cokelat mengandung kafein alami. Susu cokelat dengan kandungan kakao 33% misalnya, dapat mengandung sekitar 45 mg kafein. Selain itu, cokelat juga kaya akan flavonol dan methylxanthines yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

4. Teh Hitam
Teh hitam adalah minuman lain yang kaya akan kafein, dengan kandungan sekitar 47 mg per 240 mL. Minuman ini sangat cocok dikonsumsi di pagi hari untuk mengatasi rasa kantuk dan meningkatkan fokus. Teh hitam juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, usus, dan tubuh secara keseluruhan, dengan kandungan kafein yang hampir dua kali lipat dari teh hijau.

5. Kola Soda
Kola soda, meskipun tidak banyak diketahui, juga mengandung kafein. Setiap 240 mL kola soda mengandung sekitar 22 mg kafein. Kafein dan kadar gula yang tinggi dalam minuman ini dapat memberikan dorongan energi, meskipun sebaiknya konsumsi dibatasi atau memilih varian dengan pemanis yang lebih sehat, mengingat konsumsi gula yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Jadi, jika kamu bosan dengan kopi atau memiliki kondisi kesehatan yang tidak mengizinkan untuk mengonsumsi kopi terlalu sering, beberapa minuman di atas bisa menjadi pilihan yang baik untuk mendapatkan asupan kafein. Meskipun begitu, ingatlah untuk tetap membatasi konsumsi kafein dan lebih baik lagi jika rasa kantuk bisa diatasi dengan tidur sejenak.