;

Resep Udang Balon Krispi

Masak Yuk! 16/10/2024

Udang balon merupakan salah satu tren kuliner terbaru yang berhasil mencuri perhatian banyak orang, terutama di media sosial. Udang ini memiliki tampilan yang unik, di mana kulit tepungnya mengembang seperti balon saat digoreng. 


Bentuknya yang menyerupai balon membuat udang balon sangat menarik, terutama bagi anak-anak. Kulit tepung yang mengembang memberikan tekstur yang sangat renyah dan menciptakan cita rasa yang lezat. Daripada penasaran, Yuk simak resep lengkapnya berikut ini:


Bahan-bahan :

12 ekor udang ukuran sedang, kupas, tinggalkan ekornya

½ sdt garam

½ sdt merica bubuk

60 g tepung kentang

1 sdm tepung terigu

2 sdm tepung maizena

¾ sdt baking powder

2 sdm air

2 putih telur

7 sdm minyak goreng

200 ml minyak goreng


Cara membuat :

1. Keringkan udang dengan tisu dapur. Lumuri dengan garam dan merica bubuk, sisihkan.

2. Dalam wadah, campur tepung kentang, tepung terigu, tepung maizena dan baking powder hingga rata. Tambahkan air, putih telur, dan minyak goreng aduk hingga licin.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan celupkan 1 ekor udang ke dalam campuran tepung. Masukkan ke dalam minyak panas.

4. Goreng udang hingga lapisan tepung melembung seperti balon, siram-siram dengan minyak panas hingga berwarna kecokelatan dan krispi. Angkat, tiriskan.

5. Sajikan udang balon krispi dengan saus sambal atau mayones sesuai selera.


Tips :

1. Adonan Tepung : Biasanya, adonan terdiri dari campuran tepung terigu, tepung maizena, dan tepung kentang. Perbandingan dan teknik pengadukan yang tepat akan menghasilkan kulit tepung yang mengembang sempurna.

2. Suhu Minyak : Pastikan minyak goreng benar-benar panas sebelum menggoreng udang. Suhu minyak yang tepat akan membuat adonan mengembang dengan cepat.

3. Teknik Menggoreng : Goreng udang dengan api sedang cenderung kecil agar matang merata dan kulit tepung tidak gosong.


Dengan mengikuti resep dan tips diatas, kamu bisa membuat udang balon sendiri dirumah dengan lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba!