;

Konsumsi Buah ini untuk Meredakan Panas Dalam

Tips Pintar 31/07/2024

Panas dalam sebenernya bukanlah sebuah penyakit, melainkan kumpulan dari beberapa gejala yang muncul akibat adanya peradangan dalam tubuh. Kondisi ini bisa ditandai dengan demam, sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah, sakit kepala, serta asam lambung naik.

Ada beberapa buah yang bisa membantu meredakan panas dalam. Buah-buahan ini kaya akan air dan antioksidan sehingga bisa mempercepat pemulihan saat panas dalam. Buah ini mudah ditelan, jadi tidak akan bikin tenggorokan sakit ketika dikonsumsi.

Berikut ini adalah pilihan buah untuk meredakan panas dalam yang bisa kamu coba dirumah:
1. Semangka
Semangka terkenal akan manfaatnya dalam menghidrasi tubuh karena kandungan airnya mencapai 92%. Bila cairan tubuh tercukupi, gejala panas dalam berupa bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan bisa teratasi. Semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang cukup tinggi, sehingga mampu menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Semangka bisa secara langsung dimakan atau diolah menjadi jus supaya lebih mudah dikonsumsi.

2. Kelapa Muda
Selain menghidrasi tubuh, kelapa muda juga mengandung vitamin C dan beragam mineral penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, zinc, kalium, dan magnesium. Vitamin dan mineral ini bisa kamu peroleh baik dari air maupun daging buahnya. Supaya tidak terasa membosankan, kamu bisa mengolah buah ini menjadi camilan lezat, seperti klappertaart atau es campur.

3. Jeruk
Manfaat jeruk untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi. Soalnya, buah yang mengandung 88% air ini kaya akan vitamin C dan kalium yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jeruk juga mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang mampu mengurangi peradangan. Pilihlah jeruk dengan rasa manis dan asam yang seimbang agar tidak memperparah rasa perih di tenggorokan.

4. Tomat
Kandungan air dalam buah tomat begitu melimpah, yaitu mencapai 94%. Teksturnya pun lembut sehingga mudah ditelan. Tomat juga merupakan sumber antioksidan, vitamin C, dan magnesium yang baik untuk mendukung daya tahan tubuh. Jadi, tidak mengherankan bila tomat menjadi buah untuk panas dalam.

5. Apel
Apel kaya akan serat dan pektin, apel membantu melancarkan sistem pencernaan yang terganggu akibat panas dalam. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam apel juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain serat dan pektin, apel juga mengandung polifenol yang dikenal memiliki efek antiradang. Pilihlah apel dengan tekstur yang lembut agar mudah ditelan dan tidak memperparah iritasi di tenggorokan.

Meskipun menyehatkan, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi buah-buahan. Hal ini bisa membuatmu cepat kenyang dan melewatkan makanan utama. Akibatnya, kamu bisa saja tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Jadi konsumsilah buah untuk panas dalam secukupnya. Orang dewasa dianjurkan konsumsi buah 5 porsi buah-buahan yang bervariasi setiap harinya. Semoga bermanfaat!