Tips & Trick Memilih Buah Alpukat Yang Bagus

Tahukan kamu bahwa alpukat akan matang dengan sempurna justru setelah dipanen? Cara memilih alpukat yang bagus dan matang adalah hal yang gampang-gampang susah. Salah menentukan kematangan alpukat bisa sangat mengurangi kelezatannya.

Sesaat setelah dipetik dari pohon, buah alpukat akan menjalani serangkaian proses untuk mencapai tingkat kematangan yang tepat. Oleh karena itu, tidak jarang kamu menemukan beberapa alpukat yang belum matang atau malah terlalu matang saat dibeli dari supermaket. Mengetahui cara memilih alpukat yang bagus bisa membantu kita mendapatkan buah yang tingkat kematangannya sempurna dan rasanya maksimal ketika dikonsumsi.

Nah, berikut beberapa tips memilih alpukat yang bagus dan matang:

  1. Menekan bagian dekat batang alpukat
    Cara ini juga banyak dilakukan pada buah lain. Namun, menurut Eat This Not That, hindari menekan bagian sampingnya karena bisa menyebabkan memar pada daging buah alpukat yang nantinya akan kita makan. Jadi tekan perlahan di bagian atas alpukat yang dekat dengan batangnya. Jangan tekan keras-keras, cukup tekan dengan kekuatan yang kurang lebih sama seperti menekan mouse komputer. JIka bentuk masih bisa dipertahankan, maka alpukat siap disantap.
  2. Mengibaskan batang alpukat
    Apabila batang mudah lepas dan kita dapat melihat warna hijau di bawahnya, artinya alpukat sudah matang. Jika tidak mudah lepas atau kita melihat warna cokelat dibawahnya, berati alpukat belum matang, atau terlalu matang sehingga sebaiknya tidak dipilih.
  3. Warna alpukat
    Alpukat yang sudah matang dan siap dimakan memiliki warna kulit hijau gelap, terkadang hampir berwarna hitam. Ini berlaku jika kita ingin memakannya hari itu juga. Sementara jika berencana memakannya besok atau lusa, pilih alpukat dengan kulit berwarna hijau tua.
  4. Alpukat mengalami perubahan warna
    Menurut California Avocado Commision, perubahan warna lokal adalah tanda buah sudah melewati masa jayanya. Jadi hindari buah dengan noda gelap dengan kulit atau buah yang terlalu lunak.
  5. Mempercepat proses kematangan alpukat
    Kamu bisa membungkus alpukat di dalam kantong kertas yang disegel (tertutup). Diamkan alpukat dalam kantong tersebut selama kurang lebih 2 hari dengan suhu ruangan biasa. Buah alpukat akan melepaskan zat gas bernama gas etilen. Gas ini bisa bantu mempercepat proses pematangan alpukat.

Setelah tahu cara memilih alpukat dan cara mempercepat proses pematangannya. Yolers sudah tidak perlu takut lagi untuk beli buah alpukat. Supaya praktis beli buah alpukat di Yogya Online aja! Cukup klik di hp kamu, pesanan akan diantar sampai rumah. Semoga bermanfaat!

We can't find products matching the selection.
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi