Tips Pintar: Waspada musim pancaroba, Ikuti tips ini untuk tetap sehat!

Musim pancaroba merupakan masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Biasanya ditandai dengan peningkatan frekuensi badai dan hujan yang sangat deras disertai dengan petir, guntur serta angin kencang. Pada musim pancaroba ini biasanya ditandai juga dengan peningkatan frekuensi orang yang menderita penyakit saluran pernapasan seperti flu, pilek atau batuk. Maka dari itu kita harus mulai berwaspada pada saat peralihan musim seperti ini. Bagaimana cara menyiasatinya agar tetap sehat? Simak selengkapnya pada tulisan di bawah.

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang
Makanan yang sehat dan bergizi seimbang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Yang harus diperhatikan adalah variasi makanan yang dikonsumsi. Contoh makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah, sayuran, buah-buahan yang kaya akan vitamin C, susu dan makanan yang kaya protein. Hindari makanan yang digoreng dan dingin.

2. Olahraga yang cukup
Olahraga juga merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga tubuh tetap bugar. Karena berolahraga dapat mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan infeksi. Di masa pandemi ini kamu bisa melakukan olah raga sederhana di dalam rumah seperti push up, sit up, yoga, dll. Sebagai bonus tambahan, endorfin dari berolahraga dapat mengurangi stress dan meningkatkan mood.

3. Jaga pola tidur (tidur malam)
Tidurlah dengan cukup, durasi tidur yang dianjurkan adalah 7 hingga 9 jam setiap malam. Saat tidur, tubuh akan menggunakan waktu itu untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk kekebalan tubuh.

4. Cukupi kebutuhan air putih
Bukan asupan makanan saja yang penting untuk tubuh, tapi kamu juga harus menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, karena kekurangan cairan pada tubuh dapat menyebabkan penghambatan proses pemulihan saat sakit dan gangguan pada sistem pencernaan.

5. Konsumsi makanan yang dimasak sendiri
Penting untuk tidak makan di sembarang tempat, contohnya di pinggiran jalan atau kaki lima. Karena di saat musim pancaroba debu yang berterbangan semakin banyak dan dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan ataupun penyakit lainnya.

Yuk mulai konsumsi sayur dan buah supaya ketahanan tubuh kita meningkat. Mau buah dan sayur dengan harga hemat? langsung intip produk-produk di bawah.

Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Yoa
    Sayur Lodeh Pak
    29%
    Regular Price Rp 15.250 Special Price Rp 10.950
    Quickview
  2. Redoxon
    Redoxon Eff 10s_1b10p
    14%
    Regular Price Rp 52.600 Special Price Rp 45.250
    Quickview
  3. Cdr
    Cdr Eff 10s_1b10p
    14%
    Regular Price Rp 56.500 Special Price Rp 48.900
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi