Tips Pintar Masak Rendang Sapi Anti Gagal

Rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia dan menjadi menu wajib saat Lebaran tiba. "Rendang itu tak hanya sekedar makanan saja tapi juga mengajarkan kita beberapa makna seperti kesabaran dan ketabahan. Jadi masak rendang itu tidak boleh sembarangan dan tidak bisa dicurangi, semuanya harus berproses untuk menghasilkan hidangan rendang yang sempurna," jelas Uda Dian ketika dihubungi detikFood (18/05).

Rendang, bila dimasak dengan tepat maka cita rasanya akan sempurna dengan dagingnya yang empuk dan bumbunya yang kaya rempah. Namun kebalikannya bila dimasak dengan cara kurang tepat, maka rendang akan terasa kering, keras, bahkan gosong.

Berikut beberapa tips cara memasak rendang sapi yang mimin lansir dari royco.co.id.

1. Gunakan bagian daging sapi yang tepat
Ciri khas rendang adalah dimasak dalam waktu lama agar bumbu meresap secara merata ke dalam daging. Karena itu untuk rendang sapi, gunakan bagian daging yang padat seperti paha - terutama paha bagian luar. Hindari penggunaan bagian daging lunak seperti has dalam karena jenis ini akan mudah hancur bila dimasak dalam waktu lama.

2. Olah daging dan bumbu dengan benar
Untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal, bumbu rendang sebaiknya dibuat dari bahan-bahan segar yang dihaluskan dengan cara digiling dan bukan dengan menggunakan blender. Setelah dihaluskan, tuang santan dan kemudian rebus bersama bumbu halus. Setelah mengental dan mengeluarkan minyak, barulah daging dimasukkan untuk dimasak hingga matang.

3. Gunakan jumlah santan yang cukup
Santan merupakan salah satu bahan utama yang memberikan rasa gurih pada bumbu rendang. Karena itu, penggunaan santan dalam jumlah yang cukup akan berperan penting dalam cita rasa rendang. Biasanya perbandingan daging dengan santan adalah 1:3, yaitu tiap 1 kg daging setara santan kental dari 3 butir kelapa. Bila ingin membuat rendang yang pedas, tiap 1 kg daging bisa menggunakan 250 gram cabai dan santan kental dari 4 butir kelapa.

4. Masak rendang dengan api kecil
Agar bumbu meresap sempurna dan daging menjadi empuk, rendang sebaiknya dimasak dengan api kecil selama beberapa jam. Kalau suka rendang yang kering, maka masak selama 5-6 jam. Kalau ingin memasak rendang yang basah, masak sekitar 4 jam. Bila hanya dimasak selama 3 jam saja maka yang didapatkan bukanlah rendang, melainkan kalio daging yang basah dan memiliki kuah campuran santan dan bumbu dalam jumlah banyak.

5. Aduk rendang secukupnya
Selama rendang sapi dimasak dalam bumbu, daging tidak perlu diaduk terus-menerus agar tidak hancur. Namun, rendang juga perlu diaduk sesekali agar tidak gosong. Tentu saja perlu kehati-hatian dalam mengaduknya agar bentuk potongan daging tetap terjaga.

Dengan menerapkan tips diatas, Yolers bisa membuat rendang dengan cita rasa yang luar biasa dan di sukai semua keluarga. Untuk resep lengkap rendang sapi yang enak dan empuk adalah sebagai berikut :

 

Bahan-bahan :
5 sdm minyak, untuk menumis

10 lembar daun jeruk

3 batang serai memarkan

1 kg daging sapi potong dadu

2,5 liter santan

5 cm kayu manis

5 butir kapulaga

2 buah pekak/ bunga lawang

2 buah asam

1 lembar daun kunyit, simpulkan

6 sdt daging kelapa parut, sangrai hingga keluar minyaknya

 

Cara memasak :
1. Di dalam wajan, tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai hingga harum

2. Tambahkan daging sapi, santan, dan royco sapi. Aduk terus menerus hingga daging matang. kecilkan api.

3. Tambahkan sisa bahan, masak hingga kuah mengering dan daging sapi lunak.

 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Yoa
    Yoa Kayu Manis Btg 50gr_1c12p
    10%
    Regular Price Rp 7.500 Special Price Rp 6.750
    Quickview
  2. Yoa
    Yoa Kapulaga Bbk 30gr_1c12p
    10%
    Regular Price Rp 4.550 Special Price Rp 4.095
    Quickview
  3. Yoa
    Yoa Bunga Lawang 25gr_1c12p
    10%
    Regular Price Rp 8.850 Special Price Rp 7.965
    Quickview
  4. Filma
    Filma Pouch 2000 Ml_1c6p
    16%
    Regular Price Rp 39.950 Special Price Rp 33.950
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi