Tips Pintar Kulit Agar Selalu Sehat, Cantik dan Awet Muda

Hampir setiap orang tak ingin terlihat tua. Banyak hal yang dilakukan agar wajah terlihat awet muda. Terlihat awet muda secara alami adalah dambaan setiap orang. Menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat, rutin melakukan aktivitas fisik, hingga perawatan tubuh merupakan cara yang jitu untuk tetap terlihat muda, sehat, dan memiliki hidup yang berkualitas.

Penuaan pada dasarnya merupakan proses alami yang tidak dapat dihindari. Walau begitu, ada beberapa kebiasaan pola hidup sehat yang dapat kamu terapkan untuk tetap awet muda secara alami, yaitu sebagai berikut:

1. Perhatikan asupan nutrisi
Menerapkan pola makan yang sehat untuk tetap awet muda bukan berarti kamu harus menjalani aturan makan yang ketat dan rumit. Langkah mudah yang bisa dilakukan untuk tetap awet muda dengan menambah lebih banyak makan buah, sayuran dan biji-bijian, terutama yang kaya akan antioksidan. Berikut makanan terbaik untuk menjaga kesehatan kulit, yang dikutip dari Healthline sebagai berikut:
a. Ikan berlemak
Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan herring adalah makanan yang kaya akan sumber asam lemak omega 3 sangat baik untuk kulit sehat.
b. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak sehat yang bermanfaat banyak bagi tubuh termasuk kulit.
c. Kacang kenari
Kacang kenari adalah sumber asam lemak esensial yang baik, yang merupakan lemak yang tidak bisa dibuat oleh tubuh sendiri.
d. Biji bunga matahari
Biji matahari adalah sumber nutrisi yang sangat baik, termasuk vitamin E yang merupakan antioksidan penting bagi kulit.
e. Kedelai
Kedelai mengandung isoflavon, kategori senyawa tanaman yang dapat memblokir estrogen dalam tubuh.

2. Rajin berolahraga
Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu memelihara kulit. Aliran darah yang baik dapat membawa oksigen dan nutrisi penting bagi kulit untuk menghasilkan kolagen, yang dapat mencegah keriput.

3. Istirahat yang cukup dan benar
Tidur malam yang cukup, 7-8 jam, sangat penting untuk mempertahankan tubuh dan kulit yang sehat.

4. Berhenti merokok
Asap rokok adalah faktor berbahaya kedua setelah matahari bagi kulit. Merokok atau sering terpapar asap rokok dapat menyebabkan kulit kering dan keriput lebih dini.

5. Rawat kulit
Selain dengan asupan nutrisi yang baik, kamu juga perlu menjaga kesehatan kulit dari luar. Diantaranya adalah:
a. Hindari sengatan matahari langsung. Kamu bisa gunakan pakaian tertutup, kacamata hitam, dan mengoleskan tabir surya saat berada di luar ruangan.
b. Gunakan pelembab wajah atau losion tubuh sercara rutin.
c. Cuci muka, karena setiap hari kulit terkena polusi asap rokok, asap kendaraan atau sekedar udara kotor.

Nah, itulah beberapa kebiasaan pola hidup sehat agar Yolers tetap awet muda secara alami. Selalu konsisten menjalaninya ya, agar tetap sehat dan terawat. 

Tampilkan Susun Daftar

12 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

12 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi