Tips Pintar: Anti Jerawatan akibat pakai masker

Virus Covid-19 menyebabkan pandemi di seluruh dunia. Agar tidak terpapar, kita harus menjalani protokol kesehatan yang sudah ditentukan, seperti sering mencuci tangan, tidak memegang wajah jika belum mencuci tangan, menjaga jarak dan yang terpenting adalah menggunakan masker jika sering beraktifitas di luar rumah. Penggunaan masker sangat efektif untuk menghalangi paparan virus Covid-19, sayangnya penggunaan masker yang terlalu lama bisa menyebabkan maskne atau mask acne. Apa itu Maskne? Maskne adalah jerawat yang terbentuk pada area yang tertutup oleh masker seperti dagu, hidung, atau pipi bagian bawah. Penyebabnya adalah gesekan yang terjadi secara terus-menerus antara kulit dan masker, gesekan tersebut menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Jerawat memang menyebalkan, apalagi jika munculnya di balik masker. Tapi jangan takut, karena ada cara untuk mengatasinya, simak selengkapnya pada artikel ini.

1. Gunakan Masker dengan bijak
Untuk penggunaan masker bedah sebaiknya tidak digunakan secara berulang kali atau seharian, gantilah jika sudah dirasa lembab. Pastikan untuk menyediakan 2 sampa 3 masker tambahan jika beraktivitas di luar ruangan. Untuk masker kain, cucilah secara berkala dan hindari menggunakan masker yang belum dicuci sebelumnya.

2. Bersihkan wajah setelah menggunakan masker
Yang terpenting setelah memakai masker dalam waktu lama adalah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Membersihkan wajah sangat penting untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di area yang tertutup masker, kotoran tersebut bisa menyebabkan iritasi. Jangan lupa untuk menggunakan sabun pencuci yang sesuai dengan jenis kulitmu, sabun cuci muka yang tidak sesuai bisa memicu timbulnya jerawat.

3. Gunakan pelembab
Penggunaan pelembab berfungsi untuk menjaga agar kulit wajahmu terhidrasi dan tidak kusam. Gunakan pelembab dengan bahan ringan dan tidak mengandung banyak minyak. Bila perlu, pilih produk pelembab yang menyejukkan sehingga dapat menenangkan kulit yang merah akibat tergesek masker.

4. Gunakan tabir surya
Sebelum keluar rumah dan memakai masker, pastikan kamu sudah mengoleskan tabir surya. Pakailah tabir surya khusus untuk wajah dengan kadar SPF30 atau lebih untuk mencegah hiperpigmentasi kulit akibat sinar matahari. Kamu juga bisa menggunakan tabir surya yang mengandung zinc dan titanium, kedua kandungan tersebut bisa mencegah iritasi kulit wajah akibat penggunaan masker.

5. Hindari penggunaan riasan terlalu tebal
Kalau yang ini khusus untuk wanita ya, bisa menggunakan riasan jika memakai masker, tapi sebaiknya jangan terlalu tebal karena riasan dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat atau membuat jerawat semakin parah.

Jika maskne yang muncul pada wajahmu tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter kulit agar bisa segera ditangani. Sebelum itu, intip dulu yuk produk-produk pembersih di bawah, dijamin kamu dapat harga terhemat.

 

Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi