Tips Pencegahan Penularan Virus Dalam Rumah Setelah Bepergian

Jumlah kasus positif virus corona di Indonesia semakin meningkat dari hari ke hari. Pemerintah pun menghimbau seluruh masyarakat agar melakukan kegiatan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah guna mencegah penularan. Meski masyarakat dihimbau agar tetap berada di dalam rumah selama wabah virus corona, ada kalanya kita masih harus ke luar rumah untuk alasan mendesak.

Oleh karena itu, guna mencegah penyebaran virus di dalam rumah, berikut adalah beberapah tips yang perlu dilakukan ketika sampai di rumah setelah bepergian.

1. Lepas sepatu di pintu, sebelum masuk rumah
Melepas alas kaki di pintu sebelum masuk rumah adalah hal pertama yang harus di lakukan ketika sampai rumah setelah bepergian. Hal tersebut dapat mengurangi resiko berbagai macam virus, bakteri atau kuman dari luar ke masuk ke dalam rumah.

2. Semprotkan cairan disinfektan pada barang yang di bawa
Semprotkan cairan disinfektan pada barang-barang yang menempel atau dibawa saat bepergian. Misalnya sepatu, pakaian, ponsel, tas, dan perangkat lainnya. Cairan disinfektan diyakini efektif untuk membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun yang menjadi perantara virus atau bakteri berbahaya bila dihirup atau di sentuh.

3. Membuang tanda terima pembelian yang tidak diperlukan
Saat bepergian ke luar rumah untuk membeli makanan atau obat-obatan, kamu mungkin sempat menerima berbagai kertas atau tanda terima pembelian. Nah, ketika sampai rumah sebaiknya buang semua tanda terima tersebut sebagai salah satu cara mencegah penyebaran virus di dalam rumah.

4. Jangan sentuh barang apapun
Setelah melepas sepatu dan menyemprotkan cairan disinfektan, kamu bisa masuk ke rumah dengan bertelanjang kaki. Tetap ingat jangan menyentuh barang apa pun yang ada di dalam rumah sebelum mencuci tangan sampai bersih. Jangan coba-coba duduk atau rebahan diri di kursi atau tempat tidur dalam kondisi masih menggunakan pakaian yang dikenakan saat bepergian. Bagi orang tua jangan pula menyapa atau menyentuh anak jika tubuh belum dalam kondisi bersih.

5. Segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
Segera cuci tangan sampai bersih dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a. Basahi kedua tangan dengan air, lalu tuangkan sabun ke telapak tangan, usap kedua telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar hingga berbusa.

b. Bersihkan seluruh bagian tangan secara merata, mulai dari pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Lakukan selama 20 detik. Bilas tangan hingga bersih dari sisa sabun dan kotoran.

c. Tutup keran menggunakan tisu agar kuman tidak menempel pada tangan yang telah bersih. Kemudian keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih.

6. Buka pakaian
Segera buka pakaian dan jangan menggantungnya di kamar, apalagi menggunakannya kembali esok hari. Karena mungkin saja terdapat virus, bakteri, atau kuman yang menempel dari luar selama bepergian. Jadi lebih baik masuk ke kamar mandi sesegera mungkin dan buka seluruh pakaian, kemudian tempatkan pakaian kotor tersebut di keranjang cucian tersendiri.

7. Mandi hingga bersih
Kamu bisa membersihkan tubuh dari ujung kepala sampai kaki hingga bersih. Pastikan untuk membersihkan area lipatan-lipatan tubuh. Jika tubuh sudah bersih dan sudah mengganti pakaian, kini saatnya menyapa dan berkumpul dengan anggota keluarga.

Dengan melakukan tips di atas ketika sampai di rumah setelah bepergian, kita dapat membantu menghentikan penyebaran berbagai macam bakteri, virus, atau kuman di dalam rumah. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

4 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

4 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi