Tips Memasak Daging Kurban agar Lebih Empuk

Hari Raya Idul Adha adalah waktu yang tepat untuk menikmati olahan daging hasil kurban bersama keluarga. Namun, tidak jarang orang-orang malas memasak daging kurban karena dagingnya yang keras atau alot.


Menjelang Hari Raya Idul Adha, ada beberapa tips memasak yang bisa kamu coba untuk membuat daging kurban menjadi lebih empuk dan lezat. Dengan menggunakan bahan-bahan seperti nanas, jeruk nipis, hingga daun pepaya, kamu bisa mengolah daging dengan hasil yang memuaskan. Berikut adalah 6 tips memasak daging agar lebih empuk:

1. Merebus daging dengan daun papaya
Daun pepaya mengandung enzim papain yang mampu memecah kolagen dalam daging sapi, sehingga membuat tekstur daging menjadi lebih lunak. Remas satu lembar daun pepaya tua dan masukan ke dalam air rebusan daging. Cek tingkat keempukan sampai tingkat yang diinginkan.

2. Rebus menggunakan potongan buah nanas
Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat melarutkan kolagen dalam daging sapi, sehingga daging menjadi lebih empuk saat dimasak. Cukup rebus daging hingga mendidih, lalu tambahkan potongan buah nanas sepanjang satu jari telunjuk untuk satu sampai dua kilogram daging.

3. Memotong daging mengikuti serat pada dagingnya
Pastikan untuk memotong daging mengikuti seratnya, lalu rebus menggunakan api kecil. Potongan daging yang berlawanan arah dengan seratnya hanya dapat membuat daging menjadi alot.

4. Rebus menggunakan teknik 5-30-7
Rebus potongan daging selama lima menit dalam air mendidih, diamkan selama 30 menit dalam panci tertutup, lalu rebus kembali selama tujuh menit dengan api kecil.

5. Rebus menggunakan air perasan jeruk nipis
Air jeruk nipis mengandung asam yang dapat memecah kolagen dalam daging, memungkinkan bumbu meresap sempurna. Campurkan air perasan jeruk nipis pada rebusan daging untuk hasil empuk dan beraroma.

6. Merebus menggunakan panci presto
Gunakan panci presto untuk mempercepat proses memasak. Daging sapi akan cepat empuk jika dipresto selama 30 menit.

Dengan menggunakan bahan-bahan dan metode di atas, Anda dapat memastikan daging kurban Anda menjadi lebih empuk dan nikmat untuk hidangan Lebaran. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan bersama keluarga tercinta!

We can't find products matching the selection.
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi