Tips Ampuh Merawat Cat Kendaraan Agar Tetap Kinclong

Jika kamu memiliki mobil atau motor wajib hukumnya untuk merawat dengan rutin. Apalagi bila kondisinya masih baru, butuh perawatan dari nol. Tujuannya tentu saja agar kendaraan kamu tetap mulus, awet, dan nyaman saat berkendara. Perawatan kendaraan banyak macamnya mulai dari ganti oli, mesin kendaraan, dan lainnya. Cat kendaraan pun penting untuk dirawat supaya warna tetap kinclong dan tampilan tetap bersih. Apalagi kondisi cuaca sekarang ini sedang tidak menentu karena dalam sehari cuaca dapat berubah menjadi hujan deras dan tiba-tiba dapat berubah menjadi panas terik.

Cuaca yang sulit diprediksi membuat kamu harus menaruh perhatian ekstra terhadap cat kendaraan agar penampilannya tetap terjaga. Jika perawatan cat kendaraan kurang diperhatikan, penampilannya bisa menjadi kusam bahkan rusak. Oleh karena itu, mimin mau berbagi tips merawat cat kendaraan agar tetap kinclong. Seperti yang dilansir dari otonesia.co.id adalah sebagai berikut :

1. Parkirkan Kendaraan di Tempat Teduh
Tujuan dari memarkir kendaraan di tempat yang teduh adalah supaya dapat terhindar dari sinar matahari berlebihan. Selain karena sinar matahari yang dapat memudarkan cat kendaraan, terdapat pula sinar ultraviolet yang dapat mengubah komposisi warna dalam cat. Maka dari itu, saat berhenti ataupun sekedar mencari tempat parkir di halaman terbuka, carilah tempat parkir yang teduh jika akan diparkir lama. Jika tidak bisa, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sarung atau penutup kendaraan lainya.

2. Gunakan Sabun Khusus Ketika Mencuci Kendaraan
Beberapa pemilik kendaraan mencuci kendaraannya menggunakan sabun detergen, sabun colek, atau sabun cuci yang tidak jelas mereknya. Tentu hal ini berpengaruh sekali terhadap warna kusam dan memudarnya warna cat kendaraan. Selain itu menggunakan sabun cuci yang tidak jelas kualitasnya tentu bisa berdampak pada warna kendaraan yang belang atau tidak merata. Lebih baik gunakan sabun cuci khusus kendaraan dan sempatkan mencuci kendaraan minimal seminggu sekali saat musim kemarau, dan dua kali seminggu apabila dalam musim penghujan, karena air hujan dapat mengikis warna cat kendaraan akibat kandungan asam di dalamnya.

3. Gunakan Kain yang Halus Untuk Bersihkan Kendaraan
Membersihkan bagian luar kendaraan dengan kain yang halus atau tidak kasar. Minimal menggunakan kain yang banyak beredar di pasaran seperti kanebo. Hindari pemakaian kain yang asal seperti potongan bekas baju atau bekas handuk karena sekali lagi, benda-benda tersebut tidak didesain untuk membersihkan bagian luar kendaraan kamu.

4. Bersihkan Bagian Body dengan Teratur
Bagian terpenting lain adalah membersihkan bagian body secara teratur. Jika body mobil dalam keadaan kering maka wajib menyiramnya atau setidaknya membasahi bagian body tersebut terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Mengelap body dalam keadaan kering dapat mengakibatkan body terlihat tidak bersih dan meninggalkan bekas goresan kecil. Hal ini terjadi akibat bentuk partikel debu dan kerikil yang runcing dan tidak rata dapat meninggalkan goresan yang meskipun tidak kasat mata, namun apabila terjadi berkali-kali dapat mengikis lapisan cat.

5. Selalu Pasang Sarung Mobil Saat Malam Hari
Cara terakhir yang juga jarang diperhatikan oleh pemilik kendaraan adalah tempat yang digunakan untuk memarkir kendaraan waktu malam hari. Jauhkan memarkir kendaraan di tempat yang terbuka karena air embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan body mobil. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan body kendaraan mengalami retak-retak kecil. Pasang sarung kendaraan saat parkir untuk menjaga dari benda-benda yang dapat memudarkan cat.


Nah, itulah 5 tips ampuh merawat kendaraan agar tetap kinclong. Jadi sudah nggak perlu bingung-bingung lagi soal perawatan kendaraan kamu dirumah. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

13 Items

per page
Set Descending Direction
  1. JAP
    Jap Pl Chamois
    Rp 17.900
    Quickview
  2. Carrera
    Carrera Tire Polish 200 Ml
    11%
    Regular Price Rp 15.900 Special Price Rp 14.200
    Quickview
  3. Carrera
    Carrera Wash N Glow 800ml
    13%
    Regular Price Rp 13.200 Special Price Rp 11.500
    Quickview
  4. Kenmaster
    Kenmaster Plas Chamois
    Rp 26.200
    Quickview
  5. Kenmaster
    Kenmaster Synthetic Cloth For Bike
    20%
    Regular Price Rp 15.200 Special Price Rp 12.160
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

13 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi