Tips Ampuh Bikin Aroma dan Masakan Lebih Sedap

Mengolah suatu masakan memang merupakan suatu tantangan tersendiri. Selain tampilan yang cantik, aroma masakan juga menjadi salah satu faktor yang bisa menggugah selera makan. Sayang kan kalau Moms sudah capek masak, tapi nggak habis dimakan karena aromanya kurang menggugah selera. Hal ini karena memang meracik rempah tidaklah semudah yang dibayangkan. Takaran yang digunakan selain harus tepat, namun juga pengolahannya harus sesuai. Jika tidak, justru aroma dan cita rasa pada rempah tidak akan keluar.

Nah untuk Moms yang penasaran kira-kira bagaimana cara membuat rempah atau bumbu masakan lebih keluar aroma dan cita rasanya, berikut tips-tips yang bisa dilakukan :

1. Dibakar
Jika Moms memasak menggunakan beberapa bahan seperti terasi dan kunyit, maka ada cara paling efektif untuk membuat aromnya keluar. Caranya adalah dengan membakarnya. Cara ini terbilang efektif karena akan membuat aroma dan cita rasa dari rempah-rempah tersebut keluar.

 

2. Disobek
Cara ini untuk jenis rempah dedaunan seperti daun salam, daun pandan, atau daun jeruk. Tidak hanya itu sebenarnya ada banyak rempah yang dapat diolah dengan cara disobek meski pada umumnya merupakan jenis dedaunan. Cara ini dilakukan agar aromanya lebih keluar dan cita rasanya juga maksimal.

 

3. Diiris
Seperti seledri atau daun bawang tentunya cara paling efektif yang dilakukan dengan mengirisnya terlebih dahulu agar mengeluarkan minyak khusus di dalamnya. Inilah yang akan membuat aroma dan cita rasanya lebih keluar.

 

4. Disangrai
Beberapa jenis rempah yang dapat digunakan secara mentah, namun ada beberapa diantaranya tidak dapat mengeluarkan cita rasa dan aroma secara maksimal bila di olah mentah, seperti kemiri atau ketumbar. Oleh sebab itu, cara yang efektif dengan menyangrainya terlebih dahulu agar aroma dan cita rasanya keluar.

 

5. Digeprek
Digeprek atau dimemarkan dengan cara menekannya dengan pisau, ulekan, dan lain sebagainnya. Cara ini lebih cocok untuk jenis bahan seperti jahe, lengkuas, serai. Dengan menggepreknya terlebih dahulu maka rempah dan cita rasanya akan lebih menguat.

 


Nah, itulah tips-tips memasak agar supaya rempah atau bumbu lebih beraroma dan bercita rasa. Masakan menjadi lezat dan menggugah selera makan. Semoga bermanfaat !

 

 

Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Sayur
    Bawang Merah 250gr
    10%
    Regular Price Rp 21.900 Special Price Rp 19.750
    Quickview
  2. Yoa
    Daun Jeruk
    Rp 3.450
    Quickview
  3. Sayur
    Bawang Bombay 400gr
    14%
    Regular Price Rp 30.600 Special Price Rp 26.400
    Quickview
  4. Sayur
    Bawang Putih 250gr
    20%
    Regular Price Rp 15.000 Special Price Rp 12.000
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi