Tips Agar Tubuh Kuat Selama Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Penting buat kamu yang akan menjalankan puasa untuk menjaga kebugaran tubuh agar bisa menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Persiapan pun biasanya sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, termasuk menjaga badan tetap bugar agar ibadah puasa selama Ramadhan tidak terganggu.

Nah, supaya puasa bisa berjalan lancar dan tubuh tetap sehat, Yolers perlu mempersiapkan diri. Berikut tips-tips penting selama puasa Ramadhan.

A. Tips Memenuhi Nutrisi Saat Sahur :

1. Hindari makan dengan porsi yang berlebihan, baik dari segi kalori maupun porsi karena memicu respon metabolik yang kurang bagus untuk tubuh.

2. Makan dengan porsi yang direkomendasikan, yang terdiri dari karbohidrat tinggi serat, protein, buah, sayur, air. Komposisi makanan seimbang dan tinggi serat akan memperlama rasa kenyang.

3. Hindari makanan yang mengandung pengawet.

B. Tips Memenuhi Nutrisi Saat Berbuka :

1. Awali buka puasa dengan konsumsi air untuk menghindari terjadinya dehidrasi terutama sebelum tidur.
2. Disarankan untuk makan buah atau jus. Buah mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, hindari makan secara berlebihan.

C. Tips Agar Tubuh Kuat Saat Berpuasa :

1. Hindari makanan jenis processed food : Jangan makan makanan yang diproses seperti gula dan tepung karena karbohidrat ini termasuk dalam jenis fast burn.
2. Hindari minuman mengandung kafein : Contohnya seperti teh, kopi, soda, karena bersifat diuretic (memicu buang air kecil) untuk mencegah terjadinya kehilangan cairan akibat terlalu sering buang air kecil.
3. Perbanyak minum air putih : Sebaiknya minum air setidaknya 1.8 liter sehari agar tubuh tidak kekurangan cairan.
4. Penuhi vitamin dan mineral : Konsumsi vitamin untuk puasa, terutama yang mengandung vitamin C, D, dan Zinc sangat direkomendasikan. Konsumsi suplemen vitamin untuk orang berpuasa bisa dilakukan saat sahur atau setelah buka puasa.

D. Rekomendasi makanan dan minuman bergizi untuk memperlancar puasa Ramadhan :

1. Kurma
Kurma seolah menjadi salah satu makanan yang umum dikonsumsi pada saat puasa Ramadhan, terutama saat berbuka puasa. Kurma memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang kompleks, seperti kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, vitamin B6, zat besi, magnesium, dan potasium yang semuanya baik untuk tubuh

2. Telur
Telur merupakan salah satu makanan kaya protein dan gizi yang dapat membantu tubuh tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa. Konsumsi telur saat sahur sangat disarankan karena dapat membantu tubuh memiliki cadangan tenaga. Setiap butir telur mengandung vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, vitamin K, vitamin D, vitamin E, kalsium, zinc, asam amino, fosfor, selenium, omega 3, serta folat.

3. Buah
Buah-buahan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lantaran kaya akan vitamin dan serat. Nah mengkonsumsinya saat setelah berpuasa sangat dianjurkan. Buah memiliki kandungan gula alami yang dapat diolah tubuh menjadi energi. Selain cocok dikonsumsi saat berbuka puasa, buah juga dapat dikonsumsi saat sahur karena dapat membantu menjaga kebugaran tubuh.

4. Madu
Mengkonsumsi madu saat sahur dapat membantu tubuh menjadi lebih kuat saat menjalankan puasa sehari penuh. Pasalnya madu mengandung gula alami, seperti sukrosa, maltosa, glukosa, dan fruktosa yang dapat memberikan suplai energi pada tubuh secara instan dan bisa bertahan hingga seharian.

5. Bayam
Bayam kaya akan asam folat yang berfungsi untuk membantu tubuh membantuk sel-sel baru. Selain itu bayam juga tinggi antioksidan, serat, dan vitamin B yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Air Kelapa
Salah satu manfaat utama minum air kelapa selama puasa adalah cepat mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian. Sebab air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang lebih banyak ketimbang air putih.

Minuman air kelapa ini memiliki sejumlah kandungan bermafaat bagi tubuh, seperti karbohidrat, mineral, protein, elektrolit, sitokinin, asam amino, vitamin B, dan antioksidan.


Itulah berbagai tips yang dapat dilakukan agar tubuh tetap kuat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Dan kamu juga bisa penuhi berbagai kebutuhan selama puasa Ramadhan di Yogya Online. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

14 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Hydro Coco
    Hydro Coco 1000ml_1c12p
    Rp 22.900
    Quickview
  2. Kurma
    Kurma Premium Curah 500gr
    Rating:
    100%
    23%
    Regular Price Rp 34.200 Special Price Rp 26.400
    Quickview
  3. Telur
    Telur 1kg
    Rating:
    90%
    Rp 29.700
    Quickview
  4. Blackmores
    Blackmores Bio C 1000mg 30s
    Rp 159.000
    Quickview
  5. Sunpride
    Sunpride Pisang Cavendish 1000gr
    32%
    Regular Price Rp 27.450 Special Price Rp 18.900
    Quickview
  6. Natur E
    Natur E 100iu 32s
    Rp 38.250
    Quickview
  7. Madu Rasa
    Madu Rasa Murni 160g_1c24p
    Rp 21.400
    Quickview
  8. Madu Rasa
    Madu Rasa Murni 910g_1c12p
    34%
    Regular Price Rp 110.750 Special Price Rp 73.750
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

14 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi