Polusi Udara Makin Buruk, Makanan dan Minuman Ini Bantu Bersihkan Paru-Paru

Kualitas udara yang buruk dan penuh polusi dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Meski tidak terasa secara langsung, polusi udara menimbulkan berbagai penyakit, seperti infeksi saluran pernapasan (ISPA), penyakit kardiovaskular, stroke, penyakit paru akut, dan kanker paru-paru.

Untuk menghindari dampak buruk dari polusi udara tersebut, perlu ada upaya salah satunya konsumsi makanan dan minuman yang bersifat antiinflamasi dan kaya antioksidan yang dapat membantu membersihkan paru-paru. Pada dasarnya organ paru-paru dirancang untuk membersihkan dirinya sendiri melalui berbagai mekanisme. Namun, untuk membantu proses pembersihan diri paru-paru, ada beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan dikonsumsi seperti berikut ini:

1. Madu dan air hangat
Madu adalah pemanis alami dan populer karena sifat antibakterinya dapat membantu mengurangi masalah pernapasan. Madu juga dapat membantu membersihkan saluran udara dan menjaga kesehatan paru-paru. Sesendok madu yang dicampur ke dalam air hangat sangat bermanfaat untuk membersihkan paru-paru. Selain itu juga bermanfaat untuk meredakan pilek dan batuk.

2. Teh hijau
Teh hijau adalah minuman yang memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Salah satunya karena adanya kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang terkonsentrasi dalam teh hijau. Zat tersebut memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, serta terbukti menghambat fibrosis atau jaringan parut pada paru-paru.

3. Campuran jahe dan kunyit
Kunyit dianggap sebagai makanan yang bersifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-kanker, dan anti-toksik. Mencampur kunyit dan jahe bisa membuang racun dari tubuh, sekaligus melindungi organ dari kerusakan akibat polusi udara.

4. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin C, karotenoid, folat, dan fitokimia yang bisa mencegah kerusakan paru-paru. Brokoli juga disebut memiliki senyawa aktif bernama L-sulforaphane yang bisa mengelabui sel pengaktif gen anti-inflamasi. Hal ini membuat sistem pernapasan menjadi sehat.

5. Buah bit
Buah ini mengandung senyawa nitrat yang akan dapat mengoptimalkan fungsi dari paru-paru. Nitrat sendiri akan membantu mengendurkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah serta mengoptimalkan pengambilan oksigen.

Suplemen bit sendiri telah terbukti akan dapat meningkatkan kinerja fisik dan fungsi paru-paru pada orang yang memiliki masalah kesehatan paru-paru.

6. Tomat
Tomat juga termasuk ke dalam jenis makanan untuk jaga kesehatan paru-paru. Adanya kandungan likopen, yaitu senyawa antioksidan karotenoid yang telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan paru-paru. Konsumsi tomat telah terbukti akan dapat mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan fungsi paru pada pengidap paru obstruktif kronis (PPOK).

7. Apel
Konsumsi apel yang dilakukan secara teratur akan dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Karena apel mengandung banyak vitamin C yang merupakan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan sistem imun tubuh dan sistem pernapasan.

8. Blubbery
Buah ini mengandung banyak nutrisi, dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk melindungi dan menjaga fungsi paru-paru. Buah ini juga sumber anthocyanin. Anthocyanin adalah pigmen yang terbukti dapat melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang dapat membersihkan paru-paru. Tidak ada salahnya untuk mencoba merawat paru-paru dengan rutin konsumsi makanan dan minuman tersebut. Semoga Bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

3 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Sayur
    Brokoli 400gr
    Rp 22.600
    Quickview
  2. Nusantara
    Nusantara Madu Murni 650ml_1c6p
    7%
    Regular Price Rp 133.800 Special Price Rp 124.500
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

3 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi