Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Selama Puasa

Mengonsumsi buah dan sayur dapat memberikan manfaat bagi tubuh, karena banyak mengandung serat dan nutrisi. Saat berpuasa, mengonsumsi buah dan sayur sangat disarankan, karena kaya manfaat yang dapat menunjang berbagai aktivitas selama berpuasa.

Ketika puasa, pola makan tentunya akan berubah. Jika sebelumnya kita dapat makanan dan ngemil kapan pun, namun saat puasa kita hanya bisa makan dan minum di waktu berbuka hingga sahur saja. Nah, agar tetap sehat di bulan yang penuh berkah ini, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur secara rutin. Kedua jenis makanan ini merupakan sumber vitamin, serat, mineral, serta mengandung air yang bisa membantu kita terhidrasi baik selama puasa.

Mimin himpun dari beberapa sumber berikut manfaat makan buah dan sayur selama puasa.

1. Membuat kenyang lebih lama
Buah dan sayur dikenal sebagai makanan yang tinggi serat. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena serat bisa memperlambat pengosongan perut yang membuat kita jadi tidak mudah lapar.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Selama puasa sebagian orang mungkin mengalami konstipasi atau sembelit. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur. Serat yang terkandung pada buah dan sayur diketahui mampu mengatasi dan mencegah sulit BAB. Hal ini karena serat dapat membantu membuat tinja lebih lembut, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Selain itu pola makan tinggi serat juga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya hemoroid dan gangguan pada saluran pencernaan.

3. Sumber cairan tubuh
Kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa mungkin tidak jauh berbeda seperti hari-hari lainnya. Namun tentunya lebih sulit ketika berpuasa karena hanya bisa minum setelah berbuka atau saat sahur. Kekurangan cairan dapat menyebabkan kondisi lemas, tidak bersemangat, cepat mengantuk, hingga dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, melon, selada, mentimun, dan seledri.

4. Membantu mengontrol gula darah
Menu berbuka puasa biasanya identik dengan makanan dan minuman manis. Makanan dan minuman yang tinggi gula dapat memberikan efek negatif bagi tubuh, seperti kenaikan gula darah dan lemak darah. Naiknya kadar gula darah dan lemak dalam darah dapat memicu kenaikan berat badan, kerusakan ginjal, obesitas, bahkan diabetes. Bukannya tidak boleh sama sekali untuk di konsumsi tetapi perlu membatasinya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih menu sahur dan berbuka yang tepat seperti buah dan sayur . Tidak hanya segar dan manis, mengonsumsi buah dan sayur saat puasa akan membantu menjaga kestabilan gula dan lemak dalam darah.

5. Memelihara sistem imunitas
Buah dan sayur umumnya mengandung sejumlah zat gizi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, seperti vitamin A, C, dan Zinc. Selain itu, zat gizi yang terkandung pada buah dan sayur juga memiliki sifat antioksidan yang diketahui mampu menangkal efek paparan radikal bebas.

Nah, setelah mengetahui informasi diatas, mulai sekarang pastikan buah dan sayur ada di menu sahur dan berbuka ya. Supaya tidak bosan, gantilah jenis buah dan sayur setiap satu atau dua hari sekali. Untuk memudahkan berbelanja buah dan sayur kamu bisa langsung belanja di Yogya Online! Yuk temukan buah dan sayur favorit kamu dengan harga Hemat!

Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Yoa
    Terong Ungu 600gr
    15%
    Regular Price Rp 12.000 Special Price Rp 10.200
    Quickview
  2. Kurma
    Kurma Premium Curah 500gr
    Rating:
    100%
    23%
    Regular Price Rp 34.200 Special Price Rp 26.400
    Quickview
  3. Dragon Fruit
    Red Dragon Fruit 1300gr
    20%
    Regular Price Rp 76.650 Special Price Rp 61.400
    Quickview
  4. Sayur
    Sawi Putih 900gr
    Rp 20.700
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi