Lakukan 3 Hal Ini Untuk Cek Kesegaran Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan dan dapat diolah dalam berbagai sajian. Oleh karena itu, tidak heran banyak orang yang menyetok telur di rumahnya. Namun terkadang membedakan telur yang masih segar dengan telur busuk bisa menjadi sulit.

Penting banget untuk memahami cara membedakan telur segar dengan telur busuk agar kamu bisa mendapatkan telur yang masih segar dan terjaga kualitasnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari dampak buruk mengkonsumsi telur busuk terhadap kesehatan. Yuk, langsung simak cara dan tipsnya berikut ini:

1. Rendam Telur dalam Air
Cara sederhana untuk membedakan telur segar dan telur busuk adalah dengan merendamnya di dalam air. Anda cukup menyiapkan gelas atau mangkuk berisi air, lalu masukkan telur tadi ke dalamnya. Ciri telur yang busuk biasanya akan mengapung di permukaan saat dimasukkan ke dalam air. Sedangkan, untuk telur yang masih segar biasanya akan tenggelam dalam posisi tidur. Namun, jika mereka mengapung, tetapi berdiri di salah satu ujung di bagian bawah gelas atau mangkuk, mereka tidak segar tetapi masih dapat dimakan.

2. Cek Warna dan Tekstur
Kamu perlu mengamati kuning telur dan putih telurnya setelah pecah di permukaan yang rata. Telur segar akan memiliki kuning cerah atau kuning oranye, di mana putih telur agak kaku atau lengket dan memiliki warna yang tidak transparan, serta berada di sekitar kuning telur. Putih telur yang tidak terlalu segar akan lebih rata dan menyebar. Sedangkan telur busuk biasanya memiliki ciri-ciri tekstur putih telur yang lebih encer dan lebih berair. Biasanya, ini juga akan diikuti dengan aroma kuat dan menyengat.

3. Tes Aroma
Kamu juga bisa mengecek aroma telur. Biasanya, salah satu telur yang sudah busuk adalah memiliki aroma yang kuat dan tidak segar. Hal ini dikarenakan aroma tidak sedap dari telur akan langsung tercium dari cangkangnya. Jika belum yakin cobalah untuk memecahkannya ke dalam mangkuk terlebih dahulu sebelum memasak. Jika baunya masih normal atau bahkan tidak tercium bau sama sekali, tandanya telur masih layak konsumsi.


Tips memilih telur yang baik :
1. Beli telur yang disimpan dalam wadah pendingin
2. Periksa cangkangnya yang tidak retak dan kebersihannya terjaga
3. Pilih telur yang tanggal kadaluarsanya masih lama agar kualitas masih terjaga

 

Itulah 3 Hal yang dapat dilakukan untuk cek kesegaran telur. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

11 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Berkah Mandiri
    Berkah Mandiri Telur Omega 3 10s
    5%
    Regular Price Rp 31.450 Special Price Rp 29.950
    Quickview
  2. Mitra Hemat
    Mitra Hemat Telur Kampung 10s
    Rp 40.650
    Quickview
  3. Telur
    Telur 1kg
    Rating:
    90%
    Rp 30.200
    Quickview
  4. Omega 3
    Omega 3 Lna+vit E 10's
    Rp 42.250
    Quickview
  5. Omega 3
    Omega 3 Telur Omega 3
    Rp 41.250
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

11 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi