Dampak Polusi Udara dan Cara Mencegahnya

Polusi udara adalah kontaminasi udara oleh zat apapun yang berbahaya bagi manusia dan organisme hidup lainnya. Gas dan partikel berbahaya di udara berasal dari berbagai sumber. Termasuk asap knalpot kendaraan bermotor, asap pabrik, asap rokok, kebakaran hutan. Ini dapat menyebabkan atau berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan. Mulai dari yang ringan hingga yang parah dan berbahaya. Apa saja penyakit yang diakibatkan polusi udara dan bagaimana cara mencegahnya?!

Penyakit yang Diakibatkan Polusi Udara :

1. Infeksi saluran pernapasan (ISPA)
Infeksi saluran pernapasan tak melulu disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus di dalam tubuh, tetapi juga dikarenakan polusi udara. Bahan beracun seperti karbon monoksida, partikulat, nitrogen dioksida, dan sulfur dioksida adalah contoh dari komposisi polusi udara yang mampu dengan mudah menganggu organ pernapasan.

2. Asma
Beberapa polusi seperti asap mengandung karbon monoksida. Hal ini dapat memicu munculnya serangan asma. Ozon dalam polusi dapat mempengaruhi cara kita bernapas. Selain itu, partikel kecil seperti debu atau asap dapat tersangkut di paru-paru dan menyebabkan serangan asma.

3. Bronkitis
Asap dari mobil, truk, dan kendaraan lain dapat mencemari udara. Ini dapat meningkatkan risiko bronkitis kronis.

4. Kanker paru-paru
Partikel dalam polusi udara dapat menyebabkan kanker paru-paru. Ini adalah kondisi ketika sel kanker berkembang di paru-paru.

5. Penyakit jantung dan stroke
Dampak polusi udara bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku dan menyempit. Kondisi ini memicu penyakit stroke dan jantung karena aliran darah menuju otak atau organ lainnya menjadi tersumbat, terlebih bila diikuti dengan pola hidup yang tidak sehat.

 
Cara Mencegah Penyakit Akibat Polusi Udara :

1. Menggunakan masker untuk mengurangi masuknya polusi ke dalam saluran pernapasan dan paru-paru.

2. Hindari aktivitas di area dengan kualitas udara tidak sehat seperti jalanan ramai dan macet.

3. Gunakan pembersih udara (Air Purifiers). Pembersih udara berkualitas tinggi dengan filter HEPA dapat mengurangi polutan udara dalam ruangan.

4. Terapkan pola hidup bersih dan sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, istirahat dengan cukup, rajin cuci tangan, dan tidak merokok.

5. Tanami pohon dan tumbuhan hijau di lingkungan sekitar kita.

6. Memperhatikan pemeliharaan kendaraan bermotor.


Mari kita jaga tingkat kualitas udara di lingkungan kita agar kita bisa hidup lebih sehat dengan menghirup udara yang sudah tidak lagi tercemar. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi