Resep Mince Pie, Kue Klasik Khas Natal

Mince Pie adalah makanan yang asalnya dari Inggris, namun sangat populer di Australia sebagai hidangan penutup yang ada saat Natal. Pecinta pie pastinya sangat menyukai dengan hidangan yang bisa diisi dengan daging ataupun buah ini. Beberapa negara di Eropa dan Amerika telah lama menjadikan pie sebagai satu sajian saat Natal. Pie ini diisi oleh aneka daging yang diolah bersama rempah-rempah yang disebut mincemeat. Setelahnya, pie ini ditutup dengan kulit pie pastry yang dibentuk seperti bintang, bunga, atau dedaunan.

Nah, buat Yolers yang mau bikin hidangan ini saat Natal, bisa langsung ikuti resep lengkapnya dibawah ini yang mimin lansir dari selerasa.com.


BAHAN - BAHAN :

KULIT :
75 gram mentega tawar dingin
150 gram tepung terigu
3 sdm saus tomat
1/4 sdt garam
1 sdm air

PENUTUP :
1 kuning telur untuk olesan
1 lembar puff pastry siap pakai


ISIAN :
150 gram daging giling
1 sdm mentega
1/4 sdt garam
1 siung bawang putih
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
250 ml kaldu sapi
1 sdm tepung terigu
1 lembar daging asap, potong kotak kecil
1 sdt mustard
2 1/2 sdt kecap inggris
1/4 sdt gula pasir
1/4 sdt mixed herbs
1/2 sdt merica bubuk

 


CARA MEMBUAT :

Isian :
1. Panaskan wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu tambahkan margarin kedalamnya. Kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.

2. Tuangkan daging giling bersama daging asap. Aduk-aduk sampai semua bahan menjadi berubah warnanya. Tambahkan pula tepung terigu dan aduk-aduk hingga bahan menggumpal. Baru setelah itu, tambahkan kaldu sapi. Aduk-aduk dan masak sampai mengental merata.

3. Kemudian masukkan bumbu seperti kecap inggris, mustard, merica, garam, mixed herbs dan juga gula pasir. Aduk hingga merata. Masak semua bahan hingga mengental, kemudian angkat dan dinginkan sementara.


Kulit dan Penutup Pie :
1. Masukkan semua bahan kulit kedalam wadah / mangkuk. Aduk dengan menggunakan garpu secara merata hingga adonan menjadi lebih berbutir teksturnya. Kemudian uleni adonan dengan menggunakan tangan hingga menjadi lebih menggumpal secara merata.

2. Giling tipis adonan dengan menggunakan mesin penggiling. Lalu cetak dalam loyang berdiameter 9 cm, setelah itu letakkan dalam loyang pie secara merata.

3. Tambahkan bahan isian ke dalam adonan kulit. Kemudian tutup dengan menggunakan puff pastry siap pakai secara merata. Hias juga bagian atasnya dengan menggunakan puff pastry.

4. Oles bagian atas pie dengan menggunakan kocokan kuning telur secara merata. Lalu tekan dengan menggunakan garpu bagian sisinya secara merata.

5. Terakhir silahkan oven adonan selama kurang lebih 25 menit sampai matang dan berwarna kecokelatan dibawah suhu 190 derajat celcius.

6. Setelah matang, angkat dan sajikan.


Itulah resep mudahnya yang bisa Yolers praktikan dirumah. Selamat mencoba!

 

 

 CARI INSPIRASI MENU LAINNYA, KLIK DISINI!

Tampilkan Susun Daftar

12 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Telur
    Telur 1kg
    Rating:
    90%
    Rp 29.700
    Quickview
  2. Sayur
    Bawang Bombay 400gr
    Rp 34.200
    Quickview
  3. Sayur
    Bawang Putih 250gr
    20%
    Regular Price Rp 15.250 Special Price Rp 12.200
    Quickview
  4. Blue Band
    Blue Band Margarine 250gr_1c48p_21035621
    8%
    Regular Price Rp 19.950 Special Price Rp 18.450
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

12 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi