Makin Jago di Dapur Kenali 7 Fakta Wok Pan dan Fry Pan

Kalau kamu punya hobi masak, wajan menjadi salah satu alat masak yang wajib ada di dapur. Bagi sebagian orang, menggunakan satu wajan saja mungkin sudah cukup. satu wajan itu bisa digunakan untuk berbagai fungsi, dari menggoreng, menumis, memanggang, hingga memasak makanan berkuah sekali pun.

Namun tahukah kamu, wajan penggorengan punya berbagai jenis dan punya keunggulan masing-masing yang bisa membuat masakan lebih sempurna. Dikutip dari review.bukalapak.com biar makin jago kenali fakta perbedaan wok pan dan fry pan berikut ini :

1. Pada bentuknya
Kedua wajan penggorengan ini dari bentuknya sudah berbeda. Fry pan memiliki dasar yang rata, sedangkan wok pan memiliki bentuk yang cekung. Selain berbeda dalam hal kegunaan, bentuk seperti ini juga akan mempengaruhi luas penyimpanan. Kalau kamu memiliki dapur sempit, wok pan cenderung akan memakan tempat.

 

2. Distribusi panas
Karena perbedaan bentuknya, wok pan butuh waktu lama untuk mendistribusikan panas hingga ke seluruh permukaan wajan. Namun, panas pada wok pan lebih fokus pada dasar wajan. Memasak menu stir fry akan lebih cepat selesai dengan wok pan, apalagi jika bahan makanannya berupa potongan-potongan.

Fry pan yang permukaannya datar akan lebih cepat panas dan cenderung merata pada seluruh permukaan wajan. Kalau kamu memasak daging atau ikan yang besar dan lebar, fry pan akan lebih cocok digunakan.

 

3. Kecepatan panas
Dari perbedaan distribusi panas ini juga ikut mempengaruhi kecepatan panas yang didapat. Wok pan cenderung lebih cepat panas, karena bagian bawahnya sangat dekat dengan api. Inilah alasan proses memasak dan menumis menggunakan wok pan akan lebih cepat.

Pada fry pan, kamu butuh waktu lebih lama dalam memasak, karena kamu harus beberapa kali membalikan bahan masakannya. Meski begitu, hal ini bisa cukup membantu kamu yang masih pemula karena masakan tidak akan cepat gosong.

 

4. Kuantitas bahan makanan
Beda dengan wok pan, ketika menggunakan fry pan, kamu harus memastikan untuk tidak memasukkan bahan makanan dalam jumlah banyak. Karena bentuk dan distribusi panasnya, tiap bahan makanan haruslah bersentuhan dengan permukaan wajan. Jika tidak, akan ada bahan makanan yang kurang matang di beberapa bagian.

 

5. Tingkat kekeringan tumisan
Karena cekung, minyak dan bumbu akan tetap berada dibawah wajan. Jika kamu menggunakan wok pan untuk menumis, kamu bisa mendapatkan tumisan yang lebih kering dibanding fry pan. Kalau kamu menggunakan fry pan, kamu harus menuangkan lebih banyak minyak atau bumbu agar bisa menjangkau seluruh permukaan wajan.

 

6. Kecocokan pada jenis kompor
Secara bentuk, fry pan termasuk wajan yang cukup umum, karena cocok dengan semua jenis kompor. Namun, kalau kamu ingin memasak dengan wok pan, kamu butuh tatakan tambahan untuk menopang bentuknya. Kamu mungkin juga akan menemui kesulitan kalau jenis kompor kamu adalah electric stove.

 

7. Jenis masakan yang bisa dikreasikan
Ada beberapa masakan yang lebih cocok jika digunakan tiap wajan. Kalau memasak menu stir fry atau saute, gunakan wok pan. Untuk menu tumisan biasa, bersifat panggangan, atau lebih berkuah, kamu bisa lebih mudah memasaknya menggunakan fry pan.

Itulah 7 fakta perbedaan wok pan dan fry pan yang harus kamu ketahui. Semakin tahu semakin mudah dan jago dalam mengolah masakan di dapur. Semoga bermanfaat !

Tampilkan Susun Daftar

8 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

8 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi