Makanan dan Minuman yang Bikin Tidur Tambah Nyenyak

Sering bangun tengah malam atau merasa tidur nggak nyenyak? Jangan khawatir, ada banyak pilihan makanan dan minuman yang bisa bantu biar tidur Yolers lebih nyenyak dan berkualitas. Makanan bergizi ini cukup beragam, mulai dari nasi, susu, hingga ikan.

Banyak hal bisa mempengaruhi kualitas tidur kita, salah satunya adalah makanan yang kita konsumsi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa beberapa nutrisi, seperti magnesium, vitamin B, folat, protein, asam amino triptofan, dan antioksidan, memiliki peran penting dalam memengaruhi kuaitas tidur kita.

Asupan gizi berperan penting dalam pengaturan zat kimia otak yang berfungsi untuk mengontrol jam dan kualitas tidur, seperti melatonin dan serotonin. Itulah alasannya mengapa makanan dan minuman tertentu bisa membantu membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Ada beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur untuk membantu tidur jadi nyenyak setiap malam. Berikut adalah pilihan makanan dan minuman yang dimaksud:

1. Nasi putih
Beberapa penelitian menunjukkan kalau makan nasi putih dalam porsi yang cukup, sekitar 1 jam sebelum tidur, bisa bikin tidur kamu lebih enak dan atasi masalah insomnia. Ini karena nasi putih bisa bantu meningkatkan kerja asam amino triptofan dan hormon melatonin, yang penting banget buat ngatur jam tidur dan kualitas tidur kamu. Biar makin mantap, kamu juga bisa gabungin nasi putih dengan makanan yang kaya protein triptofan, kayak daging ayam atau telur.

2. Ikan
Ikan merupakan sumber protein, asam lemak omega-3, dan vitamin D yang baik untuk memperbaiki kualitas tidur. Beberapa jenis ikan yang tergolong sebagai makanan untuk membantu tidur lebih nyenyak adalah salmon, tuna, tongkol, dan tenggiri. Jenis ikan berlemak tersebut diketahui dapat meningkatkan produksi serotonin dan melatonin dalam tubuh, sehingga dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak.

3. Kacang-kacangan
Berbagai jenis kacang, seperti kacang kenari, almond, pistachio, kedelai, dan kacang mete, juga merupakan sumber melatonin, protein, dan mineral yang baik untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Makanan ini juga baik dikonsumsi oleh para penderita insomnia untuk meningkatkan kualitas tidurnya.
Jadi, jika selama ini Anda sering merasa susah tidur nyenyak, cobalah untuk ngemil sehat dengan kacang-kacangan sebelum tidur. Tak hanya bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak, kacang juga baik dikonsumsi sebagai camilan sehat untuk meredam rasa lapar dan mengontrol berat badan, lho.

4. Susu dan olahannya
Susu, keju, dan yogurt, dikenal sebagai sumber triptofan yang baik dikonsumsi untuk membantu tidur lebih nyenyak dan tenang. Anda bisa mencoba menggabungkan sereal rendah gula dengan susu rendah lemak atau pisang dengan yogurt rendah lemak sebagai camilan sehat sebelum tidur.

Selain mengonsumsi berbagai pilihan makanan dan minuman tersebut, Anda juga perlu menerapkan sleep hygiene dan pola hidup sehat, seperti olahraga secara teratur, konsumsi makanan bergizi seimbang, kurangi stres, serta batasi asupan kafein dan alkohol, guna meningkatkan kualitas tidur.

Anda juga dianjurkan untuk membatasi makanan berlemak dan terlalu pedas sebelum tidur. Ini karena makanan tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada ulu hati, khususnya pada orang yang memiliki penyakit maag atau penyakit asam lambung.

Itulah beberapa pilihan makanan dan minuman untuk membantu tidur lebih nyenyak yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

 

Tampilkan Susun Daftar

12 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Ikan
    Ikan Saba (mackerel) 500gr
    15%
    Regular Price Rp 50.000 Special Price Rp 42.500
    Quickview
  2. Ikan
    Ikan Tenggiri Sedang 1000gr
    15%
    Regular Price Rp 139.500 Special Price Rp 118.575
    Quickview
  3. Ikan
    Ikan Tongkol 300gr
    Rp 19.350
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

12 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi